Skip to main content

Teknologi 5G pada Smartphone Tidak Akan Terwujud di 2020

Perkembangan teknologi smartphone baru bisa dibilang bergerak cukup cepat beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari desain multiple cameras, konsep smartphone lipat dan bahkan 5G menjadi bahasan hangat di pertengahan 2019 lalu. Sebelumnya banyak yang bilang, teknologi tersebut akan terwujud di tahun 2020.

Teknologi Jaringan 5G


Sayangnya sejak awal tahun ini, banyak masalah global yang menjadi penghambat terealisasinya teknologi ini. Topik 5G adalah hal yang sebenarnya sudah teruji dan hanya perlu beberapa step lagi untuk dapat dirasakan di pasaran. Sayangnya hal ini sepertinya akan tergeser ke tahun – tahun berikutnya.


Apa itu Teknologi 5G ?


5G merupakan sebuah teknologi jaringan konektivitas internet yang berada pada generasi ke lima. Teknologi jaringan internet ini sudah diperbaruhi dari kecepatan transfer data serta kestabilan jaringan menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu 4G. teknologi 5G ini akan di manfaatkan untuk pengaksesan internet yang lebih kencang secara bersamaan dan juga di prediksi akan memiliki kecepatan hingga sekitar 800Gbps yang memungkinkan untuk dapat mengunduh 33 buah film HD dalam beberapa detik saja. Dalam teknologi 5G ini sebuah data di kirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi beberapa fruekuensi yang berbeda dan setiap fruekuensi ini memiliki tipe komunikasi yang berbeda.

Apa yang Menghambat Teknologi 5G?


Seperti yang Anda tahu, highspeed network adalah impian banyak orang. Setelah kecepatan 4G, sekarang penggunaan 5G sudah ditemukan jalannya. Sayangnya teknologi ini masih belum bisa disebarkan ke banyak tempat.

5G adalah teknologi yang membutuhkan sistem network khusus. Tanpa adanya infrastruktur yang memadai, smartphone dengan teknologi ini tentu tidak akan berfungsi. Jadi walau smartphone mampu menangkap sinyal-nya, tanpa ada tower 5G di area itu, network hanya berjalan 4G saja.

Masalah infrastruktur ini masih sulit dikembangkan. Hanya beberapa negara saja yang mampu memiliki pemancar untuk 5G ini. Sebagai contoh Jepang, China dan beberapa negara di Eropa adalah tempat yang sudah memiliki infrastruktur cukup untuk menggunakan network ini.

Sayangnya testing yang direncanakan akan diadakan pada July 2020 sepertinya harus mundur karena hambatan Covid-19. Masalah virus ini membuat pembangunan network yang harusnya bisa berjalan lancar akhirnya terhenti sementara.

Padahal tanpa test yang bisa dijalankan sesuai jadwal, peluncuran tekonologi ini ke khalayak ramai juga akan mundur. High speed network yang ditunggu – tunggu dan dianggap sebagai terobosan teknologi yang baik sepertinya akan tertunda lebih lama karena masalah virus ini.

Baca juga :


Bagaimana Nasib Teknologi 5G selanjutnya?


Sebagai salah satu teknologi smartphone baru, pengembangan 5G tentu tidak akan berhenti. Jika rencana bisa diatur ulang dan kondisi Covid-19 mereda, peluang testing 5G tetap bisa dilakukan tahun ini. Tapi tentu saja peluncuran teknologi agar bisa digunakan khalayak umum akan tertunda sampai tahun depan.

Kebanyakan produk smartphone saat ini juga belum menggunakan 5G, jadi belum tentu setelah testing semua orang bisa menikmati-nya. Tapi jika sukses, harga paket data bisa semakin murah karena kuota sama bisa mengakses kecepatan yang lebih tinggi.

Teknologi mobile network yang makin baik juga nantinya bisa mendorong berbagai teknologi lain. Hal seperti aplikasi yang membutuhkan data dengan kecepatan tinggi tentu akan makin baik. Hal seperti streaming data akan makin baik.

Sekarang streaming dengan kualitas 4K tentu masih sulit didapatkan. Tapi jika sukses mengaplikasikan 5G, hal ini tentu akan lebih umum dinikmati. Bayangkan bisa menikmati kualitas streaming film bioskop hanya menggunakan data mobile Anda. Hal ini pasti menakjubkan.

Tapi hal ini harus menunggu situasi global terlebih dahulu. Hal seperti karantina dan hambatan akibat wabah virus ini bisa saja makin menimbulkan masalah. Jika hal ini makin parah, test juga akan terhambat. Perkembangan infrastruktur itu perlu waktu, jika testnya saja terhambat apalagi realisasinya.

Hal yang perlu diingat adalah 5G ini hampir selesai. Asalkan para pengembangnya bisa bekerja baik walaupun di kondisi masalah wabah ini, teknologi smartphone baru tetap akan terealisasi walaupun harus menunggu beberapa tahun lagi.

Sekian bahasan mengenai 5G yang tidak akan muncul secara luas di tahun 2020 ini. Mudah – mudahan bahasan ini dapat membuka wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca!
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar