Skip to main content

Pengertian Ram dan Rom beserta fungsi dan cara kerjanya

Ram dan Rom merupakan komponen yang biasa kita temukan di berbagai perangkat seperti komputer , laptop dan smartphone. Ram dan rom ini memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan data tetapi ada beberapa perbedaan yang membedakan antara ram dan rom ini. oleh karena itu ayo simak penjelasan berikut ini :

Pengertian Ram

Gambar Ram


Ram atau random access memory adalah sebuah perangkat keras ( hardware ) yang berfungsi untuk menyimpan data sementara atau tempat penyimpanan sementara yang ada di komputer atau smartphone. Ram ini memiliki fungsi untuk menyimpan data secara acak tanpa mempedulikan letak data tersebut di dalam memorinya.  Ram ini  memerlukan daya berupa listrik untuk menghidupkan atau menggunakannya dan karena itu juga ram ini setelah ia tidak memiliki daya listrik maka penyimpanan data yang ada di ram akan hilang.

Ram ini biasanya berfungsi untuk menyimpan data program yang sedang di jalankan , misalkan anda menjalankan google chrome yaitu software browser . Google chrome memerlukan penyimpanan sementara untuk menjalankan data aplikasi google chrome. Nah setelah menjalankan google chrome maka ram ini memproses data google chrome di ram sehingga google chrome nanti di proses oleh processor dan dapat di buka dan dijalankan, nah jika ada data yang harus di simpan bersifat permanent atau tetap, maka ram akan memindahkan atau menyimpan data tersebut di penyimpanan external seperti Harddisk.

Untuk lebih memahami lihat lah contoh gambaran di bawah ini :

proses kerja ram


Dari gambar di atas ini kita bisa melihat contoh konsep kerjanya yaitu :

Ram mengambil data software yang ada di hardisk untuk di simpan dan di proses, ram lalu mengirim data ke processor untuk di olah selanjutnya processor melakukan perintah untuk menjalankan software yang lalu di tampilkan di layar monitor. Nah jika ada data yang penting atau perlu di simpan maka ram mengambil data tersebut dan menyimpan kembali ke harddisk.

Gambar di bawah ini menunjukan software yang di pakai serta pemakaian ram dan processor :

tampilan pemakaian ram dan processor


Cara Kerja Ram


Untuk cara kerja ram , kita bahas dari awal dulu yaitu saat komputer di nyalakan, nah saat komputer di jalankan ada 2 komponen yang langsung hidup dan bekerja yaitu processor dan harddisk, processor ini memiliki fungsi untuk memproses dan mengelolah data. Data ini asalnya dari harddisk karena harddisk ini menyimpan data sistem operasi yang akan di proses dan di jalankan. Nah dalam proses ini processor memiliki kecepatan yang sangat tinggi sedangkan harddisk memiliki kecepatan yang sangat lambat jika di bandingkan dengan processor oleh Karena itu agar tidak terjadinya bottleneck yaitu ketidakseimbangan antara komponen, maka di ciptakan lah perangkat lainya yaitu ram.

Nah ram ini memiliki fungsi untuk menyediakan data untuk processor dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga data sistem operasi yang ada di hdd bisa di akses lebih cepat oleh processor. Jadi bisa dibilang ram ini memiliki fungsi untuk membantu memperosesan data agar lebih cepat dan untuk melihat data kerja ram anda bisa melihatnya di task manager di bagian process dan performance ram.  Seperti gambar di bawah ini :

tampilan taskmanager ram


Fungsi Ram


Ram ini pada umumnya memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dan memproses data agar nanti dapat di proses lagi oleh processor. agar lebih memahami fungsi ram,  berikut ini beberapa kesimpulan fungsi ram yaitu :

Penyedia Data Sementara


Ram ini memiliki fungsi untuk menyediakan dan menyimpan data secara sementara, saat menjalakan aplikasi atau software di komputer maka ram mengambil data di penyimpanan tetap lalu menyimpan data tersebut di ram dan ram memproses data tersebut agar nanti dapat di olah oleh processor . setelah di olah maka ram akan menyimpan data itu kembali di penyimpanan tetap di karenakan jika terjadinya pemadaman listrik atau komputer mati maka data tersebut akan hilang oleh karena itu data tersebut harus di simpan permanent.

Mempercepat Proses Membaca Data


Ram memiliki kecepatan sangat cepat untuk membaca data,  oleh karena itu data yang ada di harddisk dapat dibuka dengan sangat cepat saat kembali di buka, misalkan saja anda membuka file program untuk pertama kali maka memerlukan beberapa waktu tetapi setelah anda kembali membuka file program tersebut maka kecepatan aksesnya lebih cepat dari saat pertama kali dibuka , hal ini di karenakan data file program tersebut masih ada di ram sehingga saat membuka file program kembali maka kecepatan aksesnya menjadi lebih cepat. dan juga hal ini tidak berlaku untuk komputer sudah di matikan atau data sudah tidak ada di ram.

Membantu Proses Processor


Ram memiliki fungsi untuk menyediakan data lebih cepat dari harddisk sehingga processor dapat memproses data lebih cepat. sebagai informasi komputer atau smartphone yang memiliki ram yang besar maka proses yang terjadi di dalamnya seperti membuka aplikasi maka akan lebih cepat dari perangkat lainya yang memiliki ram yang lebih kecil.  hal ini di karenakan ram yang besar membuat ruang atau tempat untuk menyediakan data untuk processor lebih besar sehingga processor dapat memproses dan mengelolahnya lebih cepat. Tetapi selain ram yang besar komponen lainya seperti processor juga harus sama atau lebih cepat dari ram.  Yang penting komponen pada suatu perangkat baik komputer atau smartphone harus seimbang atau saling dapat bekerja sama tanpa membuat komponen lainnya ikut melambat atau terhambat.

Jenis-Jenis Ram


Ram Memiliki Beberapa Jenis Yaitu :

DDR-Ram


Ram DDR (Double Rate Random Access Memory) yaitu jenis ram yang sering digunakan pada komputer dan laptop, ram ini merupakan teknologi baru yang memiliki kecepatan yang sangat cepat. Ram ddr ini memiliki beberapa generasi yaitu generasi pertama DDR1 , generasi ke kedua DDR2 dan hingga sekarang ini memiliki generasi ke kelima yaitu DDR5. Ram ini juga terdapat pembeda antara komputer dan laptop yang di namakan : Dimm dan Sodimm.

Dimm yaitu ram yang memiliki bentuk panjang yang digunakan untuk komputer dan bisa juga di sebut long-dimm sedangkan so-dimm yaitu ram yang memiliki bentuk pendek yang digunakan untuk laptop.

Tambahan informasi : Dimm (dual in-line memory module) dan So-dimm (Small-Outline Dual Inline Memory Module). Dan ada juga ram lainya yaitu Simm (single in-line memory module).

Selain ram ddr ada beberapa jenis lainya yaitu :

D-Ram


D-Ram ( Dynamic Random Access Memory ) yaitu ram yang menyegarkan data yang ada di dalamnya dengan menggunakan kapasitor, hal ini di lakukan agar datanya tidak hilang dan ram ini juga menggunakan transistor dan kapasitor di dalam strukturnya.

SD-Ram


SD-Ram (Sychronous Dynamic Random Access Memory) yaitu ram yang banyak digunakan pada tahun 1996 hingga 2003 , ram ini telah mengalami perubahan pada sinkron dalam clock sistemnya dan ram ini juga memiliki kecepatan yang cepat hingga 133Mhz.

RDR-Ram


RDR-Ram (Rambus Dynamic Access Memory) yaitu ram yang ini dulunya di gunakan untuk komputer dengan processor Pentium 4 dan sering juga digunakan untuk keperluan gaming. Ram ini memiliki slot sebanyak 184 pin dan memiliki kecepatan hingga 1,6Gbps.

S-Ram


S-Ram (Static Random Access Memory) yaitu ram yang tidak memerlukan penyegaran pada datanya untuk menjaga data agar tidak hilang, struktur pada ram ini hanya menggunakan transitor tanpa menggunakan kapasitor, Ram ini memiliki kecepatan yang bisa menyamai kecepatan processor hingga mencapai lebih dari 500Mhz. dalam produksinya ram ini memerlukan biaya yang mahal oleh Karena itu ram ini dibuat hanya untuk keperluan yang penting saja.

EDO-Ram


EDO-Ram (Extended Data Out Random Access Memory) yaitu ram yang di kembangkan pada tahun 1995, ram ini juga digunakan pada komputer pentium. ram ini memiliki pin sebanyak 72 pin dan ia dalam menyimpan dan mengambil data melakukan proses yang bersamaan dalam waktu yang sama.

LPDDR


LPDDR (Low Power Double Rate Random Access Memory) yaitu jenis ram hp atau smartphone yang berasal dari Ram DDR pada desktop komputer yang di modifikasi agar ram ini dapat diisi pada perangkat seperti smartphone dan ram ini juga tidak mengkonsumsi sumber daya listrik yang besar agar baterai smartphone tetap awet. Ram ini juga memiliki beberapa generasi yaitu LPDDR1 hingga LPPDDR5.

V-Ram


V-Ram  (Video Random Access Memory) yaitu ram yang biasanya berfungsi dalam pengolahan video atau grafis seperti merender sebuah gambar atau video editing bahkan gaming. Jenis Ram ini memiliki fungsi untuk menyimpan data GPU seperti  frame buffer, texture, render, assets dan lainya yang berfungsi agar sebuah tampilan dapat di proses untuk tampil di layar monitor. selain itu ada juga vga ram yaitu v-ram yang ada di vga external.

Struktur Pada Ram


Ram memiliki 4 struktur yaitu :


1. Input Storage


Input storage yaitu bagian yang ada pada ram yang berfungsi untuk menyimpan data inputan atau masukan yang telah di masukan pada perangkat input seperti keyboard.

2. Program Storage


Program storage yaitu bagian pada ram yang berfungsi untuk menyimpan data program yang telah digunakan seperti membuka google chrome.


3. Working Storage


Working storage yaitu bagian pada ram yang berfungsi untuk menyimpan data olahan atau hasil data olahan yang telah di proses seperti mengetik kalimat di Microsoft word.


4. Output Storage


Output Storage yaitu bagian pada ram yang berfungsi untuk menyimpan data akhir yang nantinya di tampilkan di perangkat output seperti monitor.

Pengertian Rom

contoh Rom


Rom atau ready only memory merupakan sebuah perangkat keras berbentuk Chip Memory atau IC yang ada di komputer atau smartphone yang berfungsi menyimpan data-data penting seperti firmware, informasi pabrik dan program settingan dasar bawaan pabrik.

Data yang ada di rom ini merupakan data yang bersifat permanent yang berarti data ini tidak bisa hilang walau tidak ada aliran sumber listrik. Rom ini juga berkaitan dengan program-program yang mengatur sistem dasar komputer seperti menyiapkan komponen dan peralatan yang ada di dalam komputer saat komputer di hidupkan (Booting) yang di namakan Rom bios.

Cara Kerja Rom


Cara kerja rom ini bisa dibilang cukup sederhana yaitu :

Rom di isi program-program penting yang sifatnya digunakan terus menerus oleh karena itu rom menyimpan data secara permanent,  pertama anda menggunakan perangkat masukan ( input device ) , perangkat masukan ini berisi informasi perintah-perintah yang nanti di baca oleh rom setelah itu rom akan memberikan sebuah informasi (perintah) yang akan di proses oleh processor dan di jalankan oleh perangkat keluaran (output device).

Untuk lebih mudah memahami anda bisa melihat contoh cara kerja rom bios yaitu : pertama anda menyalakan komputer dengan menggunakan tombol power, tombol power ini memiliki fungsi untuk menghidupkan komputer, saat di tekan tombol power ini memberikan perintah kepada rom bios agar menyiapkan perangkat untuk melakukan booting, setelah di selesai menyiapkan , rom ini memberikan perintah agar dapat menampilkan hasil pada perangkat keluaran seperti monitor atau speaker.

Fungsi Rom


Rom ini umumnya memiliki fungsi untuk menyimpan data secara permanent tetapi ada beberapa fungsi lainya yaitu :

Menyimpan data penting


Rom memiliki fungsi untuk menyimpan data penting seperti firmware, firmware ini merupakan program yang berkaitan dengan perangkat keras. Selain dari firmware ada data penting lainya seperti : informasi privasi(rahasia) atau lisensi tanam contohnya komputer atau laptop yang memiliki lisensi tanam yang di simpan di rom atau rom bios.

Melakukan proses booting


Untuk melakukan proses booting biasanya terdapat dalam perintah bios, di karenakan bios disimpan di dalam rom, jadi rom ini pun ikut dalam melakukan proses booting.

Jenis-Jenis Rom


Ada beberapa jenis rom yang digunakan pada komputer yaitu :

Mask rom


Mask rom merupakan sebuah rom yang datanya tidak bisa di tulis ulang atau istilahnya non-flashable yang berarti rom ini tidak dapat di ubah datanya setelah di isi sehingga rom ini tidak dapat di upgrade untuk memperbaruhi datanya. Mask rom ini pengisian datanya melalui mask yang ada di chipnya pada saat proses membuatanya. Harga mask rom ini mahal di karenakan untuk membuat sebuah perubahan maka memerlukan mask yang baru.

Prom


Prom atau Programmable Read Only Memory merupakan sebuah rom yang isi datanya tidak dapat di hapus setelah 1 kali pengisian oleh user atau pabrikan pembuatnya. Untuk mengisi Prom ini di perlukan alat khusus yang di namakan PROM programmer  dan biasanya prom ini di isi data program seperti firmware oleh pembuat atau usernya.

Eprom


Eprom atau Erasable Programmable Read-Only Memory merupakan sebuah rom yang isi datanya permanent tetapi bisa di hapus atau tulis ulang yang di bagi menjadi 2 jenis yaitu :
  • UV-Eprom atau Ultra-Violet EPROM yaitu cara menghapus atau menulis ulang menggunakan sinar ultra violet yang sangat kuat dan biasanya membutuhkan waktu yang lama sekitar 10 menit atau lebih dan bisa di tulis ulang hingga 1000 kali.
  • E-Eprom atau Electrically EPROM yaitu cara menghapus atau menulis ulang programnya di lakukan secara elektrik menggunakan aliran listrik dan bisa di tulis ulang lebih banyak dari UV-Eprom.

Flash rom


Flash rom merupakan teknologi yang baru pada rom , flash rom ini datanya bersifat permanent tetapi dapat di modifikasi dan di upgrade untuk memperbaruhi atau mengubah data yang ada di dalamnya dan rom ini datanya tidak akan hilang walau tidak ada aliran listrik.

Jenis rom lainya yang biasa digunakan pada perangkat smartphone :


Stock rom


Stock rom yaitu rom yang berisi data bawaan dari pabrikan pembuatnya seperti firmware atau sistem operasi. Stock rom ini merupakan rom yang original yang belum di modifikasi dan diubah oleh pihak ketiga, sehingga rom ini bersifat resmi(bawaan pabrik) dan sudah teruji serta di test oleh pembuatnya.

Custom rom


Custom rom yaitu rom yang sudah di modifikasi oleh pihak ketiga atau oleh usernya sendiri untuk mengubah stock rom sesuai keinginan mereka seperti firmware dan data lainya.

Manufacturer atau carrier stock rom


Manufacturer atau carrier stock rom yaitu rom yang mendapatkan modifikasi oleh pabrik yang telah membuat romnya. Hal ini bertujuan untuk melakukan upgrade atau penambahan pada datanya seperti aplikasi dan firmware agar lebih terupdate.

Perbedaan ram dan rom


Setelah mengetahui beberapa pengertian dan penjelasan mengenai ram dan rom ini , pastinya untuk menentukan perbedaan ram dan rom ini menjadi lebih mudah untuk di pahami, secara umum perbedaan yang paling mendasar antara ram dan rom ini adalah ram merupakan perangkat keras yang menyimpan data secara sementara sedangkan rom merupakan perangkat keras yang menyimpan data secara permanent. Nah untuk lebih jelas ayo liat beberapa point di bawah ini :

1. Sifat penyimpanan data


Sifat penyimpanan ram dan rom ini berbeda yang di mana ram bersifat sementara yang jika ram tidak memiliki sumber energi seperti listrik maka data yang ada di ram akan hilang sedangkan rom ini bersifat permanent yang dimana jika tidak ada aliran listrik maka data yang ada di rom tidak akan hilang.

2. Sumber data


Sumber data yang ada di ram berasal dari aplikasi atau software yang di jalankan sedangkan rom berasal dari data yang di isi oleh pabrikan pembuatnya.

3. Memiliki fungsi yang berbeda


Ram dan rom walau memiliki fungsi sebagai perangkat penyimpanan tetapi ada sedikit perbedaan yaitu ram memiliki fungsi untuk membaca dan menyimpan data secara cepat untuk menjalankan aplikasi untuk di proses oleh processor secara sementara sedangkan rom ini berisi data yang digunakan hanya untuk di baca seperti firmware atau rom bios ( perintah dasar untuk booting ).

4. Perubahan pada data


Data pada ram dan rom ini juga memiliki perbedaan yaitu data yang ada di ram selalu berubah-ubah sesuai perintah yang di jalankan sedangkan rom datanya bersifat tetap dan digunakan terus menerus.

5. Ukuran


Ukuran ram dan rom biasanya berbeda yang dimana ukuran ram ini panjang dan besar seperti persegi panjang sedangkan rom lebih kecil dari ram dan berbentuk seperti persegi ( walau ada jenis rom yang berbentuk persegi panjang tetapi ukuranya lebih kecil dari ram).

Nah itulah beberapa penjelasan ram dan rom beserta fungsi dan cara kerjanya , semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih. jika ada pertanyaan yang ingin di tanyakan Jangan lupa koment ya.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar