--> Skip to main content

Cara Menghilangkan Embun di Kamera Smartphone

Salah satu fitur penting yang harus dimiliki setiap smartphone saat ini adalah fitur kamera. Apa lagi di zaman yang serba media sosial ini kebutuhan akan kamera meningkat drastis. Tak jarang suatu smartphone dijual dengan harga tinggi hanya karena memiliki keunggulan kamera. Hadirnya kamera berkualitas pada smartphone memang menguntungkan dalam banyak hal.

mengatasi smartphone berembun di kamera


Namun beberapa kejadian dapat membuat kualitas kamera smartphone jadi rusak. Salah satunya seperti terdapat embun pada kamera smartphone. Biasanya kamera berembun karena terkena air hujan atau tumpahan air. Dan hal ini membuat hasil gambar menjadi terlihat buruk. Jika dibiarkan begitu saja embun pada kamera sulit hilang, bahkan bisa merusak lensa kamera tersebut. untuk itu artikel ini akan membahas mengenai tips dan cara mengatasi embun yang melekat pada kamera.


Berikut cara menghilangkan embun di kamera yang bisa kamu lakukan


Mengelap kamera smartphone


Mengelap bagian kamera smartphone bisa menjadi solusi  yang paling mudah dan sering di lakukan untuk membersihkan embun yang ada di smartphone. caranya cukup mudah anda membersihkan smartphone dengan cara mengelap bagian kamera smartphone yang ada embunya dengan lembut dan hati-hati. Tetapi cara ini juga tidak selalu efektif di karenakan jika embunya berada di dalam kamera maka kain tidak bisa menjangkau embun yang ada di dalam kamera.

Gunakan Silica Gel untuk Menyerap Embun


Salah satu cara lainya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan embun di kamera adalah dengan menggunakan silica gel. Silica gel ini biasanya dapat kita temukan saat membeli sepatu baru. Dan biasanya juga banyak dijual di mini market. Bentuknya seperti butir butir telur kecil. Dan biasanya tidak berbau. Benda yang satu ini sangat efektif untuk menyerap lembap. Caranya cukup meletakkan smartphone dalam sebuah wadah seperti kotak atau toples, kemudian taruh beberapa butir silica gel di dalamnya. Lalu tutup rapat wadah tersebut dan jangan dibuka selama satu malam. Keesokan harinya embun pada kamera akan lenyap diserap oleh silica gel.

Gunakan Beras Sebagai Penghilang Embun


Selain silica gel, kamu juga bisa menghilangkan embun pada kamera smartphone kamu dengan benda yang mudah kamu temukan, yakni beras. Beras memiliki kemampuan yang sama seperti silica gel, yaitu efektif untuk menyerap lembap atau embun di kamera. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Seperti silica gel sebelumnya, anda juga perlu menaruh beras pada sebuah wadah. Usahakan jumlah beras yang digunakan harus mampu menutupi seluruh permukaan smarthpone kamu. Semakin tertimbun smartphone di dalam beras maka semakin lebih baik. Setelah itu tutup kembali rapat wadah tersebut, lalu lihat hasilnya pada keesokan hari. Cara ini mudah untuk di lakukan untuk menghilangkan embun yang ada di kamera.

Baca juga :

Gunakan Cahaya Lampu


Jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih sederhana, kamu juga bisa menggunakan lampu untuk menghilangkan embun pada kamera smartphone kamu. Kamu cukup menyiapkan sebuah lampu lalu taruh smartphone kamu di bawah lampu tersebut. Kamu bisa menggunakan lampu belajar atau lampu lainnya yang bisa di dekatkan dengan smartphone. Panas yang dihalsilkan cahaya lampu sangat efektif untuk menguapkan embun yang ada di kamera. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan lampu yang memiliki watt tinggi. Atau kamu juga bisa menggunakan lampu pijar, karena lampu pijar biasanya memiliki panas yang cukup tinggi.

Gunakan Hairdrayer


Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan embun pada kamera smartphone adalah dengan menggunakan hairdryer. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal mengatur hairdrayer ke mode panas, lalu keringkan embun yang terdapat pada kamera smartphone kamu. Hawa panas yang dihasilkan hairdrayer akan membantu penguapan pada kamera smartphone. Tetapi menggunakan cara yang satu ini memakan waktu cukup lama. Jadi kamu harus bersabar melakukannya. Agar kamera smartphone tidak berembun, usahakan selalu untuk menjauhkan smartphone dari air hujan atau tumpahan air.

Membongkar Smartphone


Membongkar smartphone merupakan solusi bagi embun yang ada di dalam kamera, caranya anda bisa membuka smartphone dengan hati-hati dan bisa langsung membersihkan air atau embun yang ada di kamera dengan cara mengelap dengan kain yang lembut, tetapi cara ini tidak di rekomendasikan bagi yang belum ahli dalam membongkar smartphone di karenakan jika tidak terbiasa atau belum pernah membongkar smartphone maka smartphone bisa saja mengalami masalah lainya.

Cara mencegah kamera  smartphone berembun


Kamera smartphone bisa berembun di karenakan smartphone terkena air atau uap yang di keluarkan lingkungan di sekitar oleh karena itu jagalah smartphone dari lingkungan yang lembab dan berair dan jangan gunakan saat hujan ataupun kondisi yang bisa menyebabkan kamera smartphone berembun. Untuk itu ada beberapa tips untuk mencegah kamera smartphone agar tidak berembun yaitu :

Gunakan smartphone di waktu yang tepat


Jangan menggunakan smartphone saat hujan sehingga smartphone bisa terkena air dengan mudah yang menyebabkan kamera berembun bahkan juga smartphone bisa ikut rusak di karenakan komponen elektrik yang ada di smartphone rentan, jika terkena air sehingga harus berhati hati saat menggunakan smartphone saat kondisi yang hujan ataupun lembab.

Hindari dari perubahan suhu yang tiba tiba


Hindari memakai smartphone di ruangan yang mengalami perubahan suhu yang cepat, misalkan saja anda berada pada ruangan yang ber AC maka hindari pergi secara langsung ke ruangan yang panas di karenakan hal ini bisa perpotensi membuat kamera berembun. Selain itu saat berada di tempat yang kurang kondisif usahakan jangan membuka terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga dapat membuat smartphone cepat panas.

Membungkus smartphone


Membungkus smartphone dengan kantong plastik saat berada di tempat yang lembab atau berair seperti berada di kolom berenang , saat anda menggunakan smartphone di kolam berenang usahakan smartphone di bungkus dengan kantong plastik agar smartphone terhindari dari percikan air yang akan mengenainya. Selain dari itu menyimpan smartphone dengan kantong plastik atau dibungkus dengan kain saat anda mengendari motor dengan kondisi yang hujan juga menimalisir terjadinya embun yang ada di kamera dan kerusakan yang akan terjadi pada smartphone dan untuk smartphone yang tahan air pun juga bisa terjadi embun di kamera jadi berhati-hatilah.

Nah itu lah beberapa tips dan cara menghilangkan embun di kamera yang bisa kamu terapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar