Skip to main content

Apakah Trend Smartphone Lipat Akan Disukai Masyarakat?

Pada tahun 2019, banyak produsen mobile gadget meluncurkan model smartphone lipat. Model ini banyak dikatakan sebagai masa depan dari smartphone. Tapi kebanyakan orang merasa hal ini masih kurang pas sebagai masa depan gadget mobile ini.

smartphone lipat


Walaupun menggunakan teknologi baru yaitu Foldable LCD, tidak semua orang membutuhkan hal ini. Teknologi ini memang bisa membuat smartphone memiliki layar yang besar tanpa mengganggu ukuran penyimpanannya. Tapi layar yang besar untuk keperluan smartphone bukanlah yang harus. Banyak orang bahkan merasa trend ini hanya akan lewat begitu saja.


Mengapa Banyak Orang yang Pesimis Akan Smartphone Lipat?


Banyak orang merasa kurang bergairah dengan smartphone lipat ini tentu ada alasan yang kuat. Hal yang paling membuat resah adalah harganya. Memang teknologi lipat ini menggugah rasa nostalgia saat menggunakan flip phone, tapi harga flip phone tidak semahal folded smartphone.
Selain harga, banyak orang juga meragukan suppor yang diberikan para pengembang aplikasi. Ukuran layar smartphone yang lebih besar tentu membutuhkan layout yang berbeda dengan smartphone pada umumnya.

Jika aplikasi tidak dibangun menggunakan standar ukuran layar itu, tampilannya tentu menjadi aneh. Sekarang ukuran standar layar smarphone tentu sudah umum. Jika layout harus diganti lagi, tentu tidak semua aplikasi bisa memberikan dukungan itu.

Banyak orang juga merasa smartphone yang layarnya terlalu besar tidak akan nyaman digunakan. Masalah melipat sendiri bisa membuat LCD dan struktur smartphone lebih rentan. Sekarang kasus smartphone yang mati karena jatuh sekali saja sudah banyak. Bayangkan smartphone lipat ini juga jatuh, tentu kemungkinan selamatnya lebih kecil karena banyak part yang bergerak di gadget ini.

Perkembangan Apa yang Dirasa Lebih Populer?


Banyak orang lebih merasa teknologi 5G dan pengembangan chip untuk kebutuhan kecepatan proses tinggi lebih baik. Model smartphone tidak perlu banyak berganti. Model sekarang yang umumnya menggunakan layar besar tanpa bezel sudah baik untuk kebutuhan sehari – hari. Banyak orang lebih mencari speed tinggi untuk akses dan kebutuhan penggunaan.

Hal lain yang diharapkan oleh para pengguna smartphone adalah fitur baru. Hal seperti asisten dan face recognition adalah hal yang baik. Tapi fitur ini bisa dibuat lebih jauh lagi. Jika para produsen smartphone tidak focus pada model smartphone lipat dan lebih mengembangkan AI dalam sistem mereka, tentu hal ini akan membuat smartphone lebih populer.


Apakah Smartphone Lipat Bisa Menjadi Populer?


Walaupun banyak teknologi lain yang ditunggu oleh masyarakat soal smartphone ini, mode lipat ini tentu tetap memiliki kesempatan. Seperti yang dibahas di atas, orang hanya pesimis tentang harga dan bagaimana memanfaatkan smartphone ini pada keperluan sehari – hari.

Selama para produsen bisa menyediakan smartphone ini dalam harga yang reasonable, tentu ada orang yang akan membelinya. Selain para produsen, pengembang aplikasi juga wajib melayani fitur dari model smartphone lipat ini.

Bayangkan saja jika saat membuka aplikasi tapi tampilan menunya hanya memenuhi sebagian layar saja. Tentu hal ini membuang potensi layar besar dari Foldable LCD yang digunakan pada smartphone itu.

Jika masalah kedua hal itu bisa diselesaikan, tidak ada alasan banyak orang akan menolak tipe smartphone ini. Tapi hal ini hanya bisa terjadi setelah teknologi seputar model ini makin accessable. Jika tidak, tentu trend model ini hanya akan menjadi angin lalu.

Tentu tidak ada yang tahu bagaimana masa depan merespons tentang teknologi smartphone lipat ini. Mari tunggu saja bersama dan amati perkembangan trend model smartphone ini ke depannya.

Baca juga :

Contoh Smartphone Lipat


Contoh smartphone lipat yang lagi trend ini misalkan dari perusahaan Huawei dan Samsung, kedua perusahaan ini lagi gencar-gencarnya membuat produk smartphone lipat. Bisa kita lihat Smartphone Lipat dari Samsung yaitu Samsung galaxy fold dan Huawei yaitu Huawei mate X .

Selain dari 2 perusahaan smartphone besar ini banyak juga perusahaan lain yang ikut membuatnya dengan fitur,  gaya dan tampilan design sesuai perusahaanya. terlepas dari hal ini semoga smartphone lipat dapat dibuat secara responsive agar lebih nyaman untuk penggunanya dan berkembang menjadi lebih baik. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda!
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar