--> Skip to main content

Lawan Persebaran Covid-19 dengan Rutin Bersihkan Smartphone

Apakah Anda pernah dengar tentang trend membersihkan smartphone akhir – akhir ini? Trend ini dimulai karena banyak orang sekarang sadar akan persebaran bakteri dan virus yang merajalela. Banyak orang tentu tidak sadar sering bahwa mereka memegang smartphone secara sering tanpa memperhatikan kebersihannya.

wanita dengan masker


Sebagai contoh saat naik bis umum. Mereka bisa saja memegang gantungan berdiri di bus dan memegang smartphone setelahnya. Walaupun setelah turun bus mereka cuci tangan, jika kembali menyentuh smartphone setelah itu, bakteri dari bis tersebut akan menempel kembali ke tangan Anda.

Dari skenario tersebut tentu persebaran bakteri dan virus tetap berjalan walaupun Anda sering – sering cuci tangan. Untuk menghindari hal ini, Anda tidak cukup hanya menggunakan hand sanitizer untuk tangan tapi juga untuk membersihkan smartphone Anda.

Di situasi sekarang ini, semua orang harus waspada akan persebaran virus Covid-19. Untuk memastikan tidak ada virus yang menempel pada smartphone Anda saat dibawa ke banyak tempat, Anda harus rutin membersihkannya. Mari bahas beberapa cara membersihkan smartphone dari virus yang benar di bawah ini!

Pastikan Membersihkan Smartphone Setelah Berpergian


Saat bepergian, Anda tentu berinteraksi dengan banyak hal. Jika selama bepergian ini Anda juga menyentuh smartphone, benda tersebut bisa saja sudah membawa banyak virus dan bakteri. Karena itu, pastikan tidak hanya membersihkan tangan setelah pulang bepergian, tapi bersihkan juga smartphone Anda. Jika bisa membuat trend membersihkan smartphone menjadi bagian dari rutinitas, tentu saja Anda bisa lebih aman dari serangan virus.

Hindari Menaruh Smartphone Sembarangan


Saat berada di luar ruangan dan dalam situasi bepergian, Anda tentu tidak tahu tingkat kebersihan segala sesuatu. Jadi lebih baik hidari menaruh smartphone di tempat yang terbuka. Contoh saja saat istirahat di cafĂ© sepulang kerja. Anda yang menaruh smartphone di meja tentu harus hati – hati. Anda tidak tahu siapa yang duduk di situ sebelumnya dan apakah meja benar – benar bersih. Virus Covid-19 merupakan virus yang bisa bertahan di benda mati selama beberapa jam sebelum akhirnya mati.

Baca juga :

Jika sembarangan menaruh smartphone Anda di meja tersebut, bisa saja smartphone Anda sudah membawa virus dan bakteri. Jadi lebih baik saat menaruh smartphone, jangan di tempat terbuka. Manfaatkan kantong ataupun tas untuk menaruh smartphone daripada nanti terjangkit virus ini.


Gunakan Alkohol di atas 70%


Saat membersihkan smartphone, harap gunakan cairan alkohol yang di atas 70%. Bahan pembersih ini bisa Anda beli dari toko obat, toko kesehatan dan bahkan toko kimia. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Anda basahi kapas dengan alkohol ini dan usap seluruh bagian permukaan smartphone.

Bersihkan juga case yang digunakan pada smarphone Anda. Celah cover bisa jadi tempat bakteri menumpuk. Jadi lebih baik bersihkan smartphone dan case cover secara terpisah agar lebih bersih. Jika sudah diusap semua, keringkan dengan tisu dan smartphone sudah bisa dipakai lagi.

Gunakan Tisu Basah Secara Sering


Jika masih tidak mantap, Anda bisa gunakan tisu basah antiseptik untuk membersihkan smartphone Anda setiap beberapa jam. Jika mampu melakukan hal ini sering – sering, Anda memastikan smartphone bisa bersih dan aman digunakan kapan saja.

Sekian bahasan mengenai aplikasi trend membersihkan smartphone. Mudah – mudahan Anda bisa melakukan hal di atas secara rutin untuk memastikan pencegahan persebaran Virus Corona ini. Terima kasih sudah membaca artikel-nya dan semoga Anda selalu sehat!
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar