Skip to main content

Komponen yang ada di processor berserta fungsinya

Processor merupakan salah satu komponen yang membentuk sebuah komputer, Processor bekerja sebagai otak dari sebuah komputer untuk memproses sebuah perintah dan tugas-tugas yang di berikan kepada processor.

processor amd dan intel


Pengertian processor


Processor merupakan sebuah perangkat keras yang berupa sebuah chip berbentuk IC ( intergrated Circuit ) yang berfungsi untuk menjalankan perintah dan melakukan perhitungan logika aritmatika dan pengontrolan sistem yang ada pada komputer. Processor ini berada pada dalam cpu dan di pasangkan pada soket processor yang ada di motherboard, processor ini merupakan salah satu komponen yang penting karena jika tidak ada processor maka sebuah komputer tidak dapat hidup dan dijalankan. Processor di sebut juga sebagai microprocessor atau otak komputer.

Bagian yang ada di processor


Processor terdiri dari beberapa bagian yaitu :

Control Unit


CU atau control unit yaitu sebuah bagian yang ada pada processor yang berfungsi untuk mengatur serta mengendalikan sistem yang ada pada komputer dan menjalankan tugas-tugas yang di terima oleh processor, CU ini juga memiliki tugas untuk mengatur jalanya program-program dan melakukan sinkronisasi antara beberapa komponen agar dapat melakukan tugas dan fungsinya masing-masing.

Secara singkat Control Unit berfungsi :
  • Mengontrol jalanya sistem komputer
  • Menjalankan tugas dan intruksi yang di terima oleh processor
  • Melakukan sebuah proses
  • Melakukan perintah dan mengirimkan ke ALU jika terdapat sebuah perhitungan matematika
  • Mengawasi cara kerja ALU dan Menyimpan hasil ke memori utama.

ALU

Alu atau Arithmetic Logica Unit yaitu bagian pada processor yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan dan perbadingan yaitu aritmatika dan logika yang berupa matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, besar kecil, kecil besar dan lainya.  Alu mengejarkan tugasnya jika ia menerima sebuah perintah dari Control unit.

Secara singkat ALU berfungsi untuk :
  • Melakukan proses aritmatika yaitu berupa penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian
  • Melakukan proses logika perbandingan yaitu lebih dari ( > ), kurang dari ( < ), sama dengan ( = ), kurang dari sama dengan( <= ), lebih dari sama dengan( >= )
  • Melakukan perhitungan dan konversi  angka biner
  • Terdapat unit aritmatika dan unit logika Boolean yang memiliki tugas masing-masing

Register

Register merupakan bagian yang ada processor yang berfungsi untuk alat penyimpanan yang memiliki kecepatan yang tinggi yang digunakan untuk menyimpan intruksi-intruksi yang sedang dikerjakan atau di proses dan bersifat sementara.

Secara singkat Register berfungsi untuk :
  • Menyimpan perintah dan intruksi secara sementara
  • Menyimpan data yang sedang di kerjakan atau di proses
  • Melakukan perintah artimatika dan logika yang telah diberikan kepada ALU dengan bantuan CU
  • Menampilkan hasil pada interface

CPU Interconnection

Bagian yang ada pada processor yang berbentuk sistem koneksi bus dan memiliki tugas untuk menghubungkan komponen yang ada pada internal cpu yaitu CU, ALU, Register dan komponen sistem lainya serta perangkat input dan output.

Secara singkat CPU interconenection berfungsi untuk :
  • Menghubungkan beberapa komponen internal CPU
  • Menghubungkan perangkat Input dan Output
Baca juga : 


Fungsi processor

Processor umumnya memiliki fungsi sebagai perangkat yang melakukan proses data yang dimana berupa input dan output, processor merupakan sebuah perangkat yang tidak dapat bangun sendiri atau sebuah perangkat yang dapat hidup dengan memerlukan komponen lainya seperti ram, hardisk, mobo dan perangkat lainya. processor ini fungsinya untuk mengatur dan mengontrol sistem yang ada pada komputer serta menjalankan tugas-tugas yang di berikan, misalkan saja saat kita mengetik sebuah kata-kata di dalam software Microsoft word maka saat anda mengetik di keyboard berupa perintah untuk memasukan kata “ Saya “ , maka perintah per hurufnya di berikan kepada processor untuk di proses dan di terjemahkan lalu akan di tampilkan berupa output di monitor dengan tulisan berupa  “ Saya “ .

Nah untuk lebih jelas dan singkat maka lihatlah point fungsi processor di bawah ini :
  • Merupakan Otak dari Komputer
  • Mengatur serta mengelola sistem yang ada pada komputer
  • Melakukan perhitungan aritmatika logika
  • Menghubungkan komponen yang ada pada cpu
  • Menerima intruksi Input dan melakukan suatu proses
  • Melaksakanakan perintah dari user dan menjaga kestabilan komputer
  • Menghasilkan perintah yang dimana berupa Output


Cara kerja processor

Processor memiliki 3 tahap dasar dalam cara kerjanya yaitu :

Processor menerima intruksi


Pada tahap pertama processor menerima intruksi dari komponen lainya misalkan dari keyboard, saat anda mengetik beberapa huruf di keyboard maka keyboard memberikan sebuah perintah masukan kepada processor untuk menjalankan perintah tersebut. Dalam menjalankan perintah processor menggunakan sebuah sistem operasi matematis seperti penambahan, pengurangan, perkalian , pembangian dan juga perbandingan.


Processor melakukan Penerjemahan perintah


Processor menerima perintah yang telah di berikan yang dimana berupa angka 1 dan 0 lalu processor melakukan penerjemahan perintah tersebut dan menyimpanya ke memori utama atau lokasi lainya.

Processor melakukan Keputusan


Setelah menerima perintah dan melakukan penerjemahaan serta menyimpanya di sebuah lokasi maka processor melakukan sebuah keputusan dan mengerjakan intruksi yang telah di berikan agar nantinya dapat di keluarkan menjadi sebuah hasil yang dapat di lihat dan di mengerti oleh manusia. Misalkan tadi anda mengetik atau mengerakan mouse maka hasilnya nanti dapat di lihat yaitu munculnya hasil ketikan dan terlihatnya gerakan pointer di layar monitor.

Processor yang sering digunakan

Jenis processor yang di kenal adalah Intel dan Amd di karenakan kedua processor ini sering digunakan oleh banyak orang tetapi ada beberapa processor yang pernah ada dan digunakan yaitu :
  • Processor CYRIX
  • Processor VIA
  • Processor TRANSMETA
  • Processor CENTAUR
Note : jika ada informasi mengenai processor yang belum di tambahkan, mohon untuk memberitahu di kolom komentar dan terima kasih.

Demikianlah artikel pada hari ini mengenai processor dari pengertian hingga jenis processor yang sering digunakan sekarang ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar