Skip to main content

Pengertian PPP dan cara konfigurasi PPP di Packet tracer

Pengertian PPP

Apa itu PPP ? PPP merupakan sebuah protocol data link control yang berfungsi untuk membangun sebuah jaringan secara langsung antar dua node jaringan. PPP atau point to point protocol ini menyediakan sebuah koneksi yang di otentikasi serta menggunakan transmisi yang di enkripsi dan di kompresi . ppp ini merupakan salah satu protocol jaringan wan seperti HDLC dan di PPP sendiri telah di masukan beberapa tambahan fitur yang dapat di lihat melalui protocol ini.

PPP ini banyak digunakan dalam bidang jaringan seperti akses internet, saluran telepon, trunk line, jaringan radio khusus, kabel serial dan berbagai jenis jaringan lainya. PPP ini merupakan sebuah teknologi yang baru yang dimana teknologi ini menggantikan teknologi yang lama yaitu serial baris internet protocol (SLIP) dan perusahaan telepon standart seperti LAPB  dengan teknologi PPP yaitu koneksi yang melalui sinkro dan sirkuit asynchronous serta ppp juga dirancang agar dapat bekerja di berbagai lapisan jaringan protocol seperti internet protocol, NBF , Internetnetwork Packet Exchange dan lainya, selain itu ppp juga support dengan PAP dan CHAP.

Apa Itu Pap Dan Chap


Pap atau Password Authentication Protocol merupakan sebuah prosedur keamanan otentifikasi yang memiliki dua langkah yaitu :

  • User akan masuk ke sebuah sistem dan mengaksesnya lalu user tersebut memberikan sebuah data otentifikasi identitas berupa nama user dan password. lalu Sistem akan mengecek apakah data yang user berikan benar dan sesuai dengan data yang ada di sistem tersebut, jika benar maka sistem akan menerima koneksi tersebut dan jika salah maka sistem akan menolak koneksi tersebut.
  • Chap atau Challenge Handshake Authentication yaitu sebuah protocol yang memiliki keamanan yang lebin tinggi dari PAP yang dimana protocol ini menggunakan  otentifikasi three-way handshaking yang  dalam metode ini password akan di simpan dan tidak akan dikirimkan secara online agar lebih aman.

PPP Mempunyai 2 Sub Layer Yaitu :

  • LCP
    LCP atau link control protocol yaitu sebuah protocol yang berfungsi untuk memgkonfigurasi, membangun serta menguji sebuah koneksi data.
  • NCP
    NCP atau network control protocol yaitu sebuah protocol yang berfungsi untuk menetapkan atau mengatur dan mengkonfigurasi protocol jaringan dengan lapisan yang berbeda.

Fase-Fase Yang Ada Di PPP

Di dalam ppp terdapat beberapa fase yaitu :

Link esntablisment atau pembangunan jaringan


Fase pembangunan jairngan yaitu sebuah fase yang dimana router mencoba membentuk link atau membangun sebuah hubungan dengan router lain ( router tujuanya ) yaitu berupa request link atau permintaan lalu router lain mengirim sebuah balasan apakah setuju atau tidak. Dalam fase ini terdapat sebuah opsi yaitu authentication yang berupa PAP atau CHAP.

Determination quality link atau penentuan link 


Fase penentuan link yaitu sebuah fase yang melakukan proses otentikasi sebelum memasuki proses network layer yang dimana fase ini berfungsi untuk memastikan kualitas jalur yang digunakan dengan melakukan sebuah test yang dimana test tersebut memberi tahu apakah jalur tersebut cukup baik untuk membawa sebuah data protocol network layer.

NCP ( Network control ptorocol ) atau mengontrol alurnya jaringan 


Pada fase ini perangkat PPP telah melakukan konfigurasi satu atau lebih protocol network layer seperti IP dan setiap paket dapat dikirimkan melalui jalur. Fase ini berfungsi untuk mengontrol establishment dan digunakan untuk mengatur serta melakukan debug terhadap jalur.

Konfigurasi pilihan yang ada di PPP


PPP terdapat konfigurasi pilihan yaitu :

Authentication


Di dalam PPP terdapat sebuah authentication yang berfungsi untuk menjaga keamanan terhadap pertukaran data yang terjadi dalam router. Disini terdapat 2 pilihan yaitu menggunakan PAP dan CHAP.

Kompress


Kompresi berfungsi untuk meningkatkan throughput yang berguna untuk meningkatkan koneksi pada ppp dengan cara mengurangi jumlah data dalam frame yang berada di link.

Mendeteksi kesalahan


Berfungsi untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi pada data link serta mengidentifikasi kondisi konfigurasi yang ada.

Multilink


Yaitu penyedia load balancing dalam antarmuka router yang ada di PPP yang berfungsi untuk penyedia metode penyambungan lalu lintas di beberapa sambungan yang berbeda di PPP.


PPP Calback


Yaitu sebuah fitur yang berfungsi untuk penanganan sebuah masalah keamanan yang akan terjadi di masa depan atau sebuah penanganan yang mencegah terjadinya masalah keamanan.

Baca juga : 

Cara konfigurasi PPP di Cisco packet tracer

konfigurasi ppp

Setelah mengetahui sekilas mengenai PPP maka selanjutnya melakukan simulasi jaringan konfigurasi PPP di packet tracer, dalam hal ini saya menggunakan :
  • 2 buah router
  • 1 kabel DCE

Pertama anda mengisi ip address pada router 1 dan 2


Pada router 0 :

continue with configuration dialog? [yes/no] : no (ketik " no " dan tekan enter)
router>enable
router#configure terminal
router(config)#int se2/0
router(config-if)#ip address 10.10.10.1 255.0.0.0 ( Ip address router 0)
router(config-if)#no sh
router(config-if)#exit

mengisi ip address router 0


Pada router 1 :

continue with configuration dialog? [yes/no] : no (ketik " no " dan tekan enter )
router>enable
router#configure terminal
router(config)#int se2/0
router(config-if)#ip address 10.10.10.2 255.0.0.0 ( Ip address router 1)
router(config-if)#no sh
router(config-if)#exit

mengisi ip address router 1


Melakukan setting ppp dengan autentifikasi pap


Pada router 0 :

Router(config)#username agus password agus ( username dan password router 0 )
Router(config)#int s2/0
Router(config-if)#encapsulation ppp
Router(config-if)# ppp authentication pap
Router(config-if)# ppp pap sent-username aguro password aguro ( username dan password router 1 ).

setting ppp 1


Pada router 1 :

Router(config)# username aguro password aguro ( username dan password router 1 )
Router(config)# int s2/0
Router(config-if)#encapsulation ppp
Router(config-if)# ppp authentication pap
Router(config-if)# ppp pap sent-username agus password agus ( username dan password router 0 ).

setting ppp 2


Mengecek Encapsulation PPP


Pada router 0 atau 1 anda ketik : show int s2/0

perhatikan gambar di bawah ini : jika tertulis encapsulation ppp dan di bawahnya lcp open berarti authenticationya sudah berhasil

encapsulation ppp


Note : jika error anda keluar dulu dengan cara ketik exit sehingga berada pada router#

Selanjunya test ping 

Pada router o :

ping 10.10.10.2

pada router 1 :

ping 10.10.10.1

ping router


Note : jika tertulis success 100 percent maka konfigurasi sudah berhasil

Nah seperti itulah konfigurasi ppp di packet tracer dan pembahasan singkat mengenai PPP, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Selanjutnya : cara menghubungkan ppp dengan client dengan metode static
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar