--> Skip to main content

4 jenis lisensi yang digunakan di windows

Windows adalah sebuah sistem operasi dari perusahaan Microsoft, windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang karena windows sistem operasi yang simple dan memiliki tampilan yang menarik serta support banyak aplikasi. Windows memiliki banyak versi dari windows 98, XP, 7  hingga windows 10 yang terbaru. Untuk menggunakan windows anda perlu membeli sebuah lisensi , karena jika tidak memasukan lisensi maka windows hanya berupa versi trial saja atau versi gratisnya sehingga ada beberapa pengaturan dan fitur yang kurang jika menggunakan versi gratis.

product key

Jenis lisensi windows


Setelah anda menginstall windows di pc atau laptop, pastinya windows meminta aktifasi yaitu berupa serial number, nah berikut ini ada 4 jenis serial number atau lisensi yang ada di windows :

Lisensi RETAIL ( full Packaged Product )


Lisensi retail merupakan sebuah lisensi yang bisa di peroleh jika anda membeli lisesi di Microsoft store atau tempat menjual lisensi retail original. Lisensi ini berupa sebuah dus atau box yang berisi disk, manual book dan product key. Lisensi retail ini merupakan lisensi yang memiliki hak 1 pengguna alias lisensi ini hanya dapat di gunakan di satu komputer saja, jika anda ingin menggunakan lisensi ini kembali anda harus menghapus lisensi yang telah di masukan di komputer sebelumnya.

Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)


Lisensi oem merupakan lisensi yang di dapatkan saat anda membeli sebuah laptop atau pc. Lisensi ini merupakan lisensi yang di keluarkan oleh sebuah perusahaan branded untuk memberikan bundling terhadap sebuah laptop agar sudah terinstall windows. lisensi ini biasanya tertanam pada perangkat keras yang ada di laptop atau pc , sehingga lisensi ini bersifat permanent dan tidak dapat di beri atau di aktifkan di laptop/komputer lainya. lisensi ini dapat di gunakan kembali jika anda melakukan install ulang dengan catatan anda menggunakan versi dan tipe windows yang sama serta sudah memiliki lisensi yang sudah tertanam pada laptopnya.

Lisensi VOLUME


Lisensi volume merupakan lisensi yang dapat di pasang atau digunakan oleh banyak komputer di waktu yang bersamaan. Lisensi ini di keluarkan oleh Microsoft untuk sebuah perusahaan yang menggunakan banyak komputer. Microsoft memberikan penawaran serta kesepakatan bagi perusahaan untuk membeli satu lisensi yang dapat di gunakan untuk mengaktifkan semua komputer yang ada di perusahaan tersebut.

Lisensi OPI (Open License Product)


Lisensi opi yaitu lisensi yang jarang di dengarkan di karenakan memang jarang di bahas dan di khususkan dalam ruang lingkup sebuah perusahaan saja. Lisensi ini berupa sertifikat yang digunakan oleh sebuah perusahaan dan dapat di transfer kepada pc lain dengan catatan bahwa komputer yang digunakan merupakan komputer perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan lisensi ini ada beberapa syarat yang harus di penuhi seperti menyertakan identitas perusahaan tersebut contohnya : nama kantor, alamat kantor, nomor telepon dan lainya. 

Baca juga : 


Tambahan : Lisensi Bajakan

Lisensi bajakan yaitu lisensi yang ada pada komputer yang memiliki windows bajakan, lisensi ini bersifat ilegal karena lisensi ini merupakan lisensi yang digunakan dan di dapatkan melalui sebuah aplikasi activator atau crack . biasanya activator/crack tersebut menginstall lisensi volume sehingga dapat digunakan di banyak komputer. Hal ini di larang karena melanggar hak cipta dan persyaratan penggunaan windows oleh Microsoft.

Cara mengetahui lisensi windows yang digunakan

Setelah mengetahui perbedaan lisensi yang ada di windows , pastinya anda ingin melihat lisensi windows yang digunakan oleh pc dan komputer anda. Berikut ini cara melihat status lisensi windows di pc atau laptop :
  • Pertama anda buka cmd dan ketik : slmgr.vbs /dli
  • Selanjutnya akan muncul gambar tampilan lisensi seperti di bawah ini :
cek lisensi windows


Seperti di gambar di atas , saya menggunakan lisensi OEM yang dimana lisensi ini di dapatkan bersamaan saya membeli laptop dan lisensi ini tertanam pada laptop saya.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai perbedaan jenis lisensi yang ada di windows serta cara melihat status lisensi windows yang digunakan di laptop atau komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar