Skip to main content

Pengertian http dan konfigurasi server http di packet tracer

Bagi anda yang suka selancar di internet pastinya tidak asing lagi dengan namanya http, HTTP merupakan sebuah bagian dari website yang berkaitan dengan proses browsing, pengiriman file, penerimaan data dan aktifitas lainya. http sendiri dibuat bertujuan untuk membantu proses pengiriman data antar sebuah komputer contohnya komputer client dengan komputer server, disini komputer client dapat mengakses dan mengambil data yang ada di komputer server sehingga data tersebut nantinya di tampilkan melalui sebuah aplikasi yaitu browser. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca pembahasan dan penjelasan http di bawah ini :

pengertian http


Pengertian HTTP


HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan dalam pengambilan dan pengiriman data yang saling terhubung untuk world wide web dengan sebuah tautan yang disebut dokumen hiperteks. Dengan adanya protocol ini sebuah komputer dapat mengambil atau mengirim sebuah data berupa berkas , file, gambar dan video dengan komputer lainya dengan cara mengakses domain atau ip address.  Selain dalam penggunaan HTTP sebenarnya ada protol lainya yang memiliki fungsi seperti http contohnya saja FTP, SMTP atau POP3. Kenapa orang-orang lebih banyak menggunakan HTTP ?  karena http memiliki updatetan fitur-fitur terbaru dan cukup flexible sehingga lebih diandalkan dan selain itu http juga merupakan pengelola dokumen html yang pertama kali di desain sehingga orang-orang lebih dulu mengenal dan lebih banyak memakai HTTP.

Fungsi HTTP

HTTP memiliki beberapa fungsi yaitu :

Sebagai penghubung


http memiliki fungsi agar dapat menghubungkan beberapa komputer agar dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi seperti menerima dan mengirim data. Jadi http bisa dibilang penghubung antara satu komputer dengan komputer lainya dengan sebuah perintah atau kode-kode tertentu melalui browser agar komputer client dapat menerima data sedangkan komputer server mengirim data.

Pengatur format dan transmisi data


http memilki fungsi untuk melakukan pemerosesan sebuah perintah yang masuk agar dapat di kelola di browser seperti menampilkan data dan http juga mengatur format serta transmisi data seperti seperti bagaimana cara http memberikan perintah dan mengambil data yang ada di server sehingga http mengatur bagaimana bentuk dan hasil data yang akan di tampilkan di web browser.

Pengamanan data


Selain digunakan untuk penghubung dan pengatur , web server juga memiliki fungsi untuk pengamanan data hal ini di karenakan dalam melakukan pengiriman atau penerimaan data bersifat maya dan di lakukan secara khusus jadi bisa dibilang lebih aman tetapi karena berkembangnya teknologi orang yang menggunakanya pun ikut berkembang sehingga menggunakan http kurang aman jadinya, hal ini di karena server bisa di retas dan data-datanya dapat di curi oleh seseorang hacker, oleh karena itu http di perbaruhi menjadi https (Hypertext Transfer Protocol Secure) yaitu  sebuah protocol yang memiliki fungsi sama seperti http. Lalu kenapa https lebih aman ? hal ini di karenakan dalam melakukan pemerosesan data , datanya di enkripsi terlebih dahulu agar para hacker kesusahan dalam melakukan aksinya saat terjadinya proses pertukaran data, jadi untuk itu menggunakan https lebih aman dari pada menggunakan http saja.

Cara kerja HTTP

konsep http


Cara kerja http ini sebenarnya cukup simple yaitu mengunakan aplikasi web browser, protocol dan proses data, untuk membuka sebuah website anda memerlukan sebuah aplikasi bernama browser yang berfungsi untuk mengakses data di internet atau biasa di bilang browsing melalui sebuah domain atau url contohnya saja google chrome, mozila firefox dan opera. Nah disini browser ini di sebut juga dengan web client yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meminta sebuah informasi namun web client bukan hanya browser saja melainkan seluruh aplikasi yang dapat terhubung dan berkomunikasi dengan server. Di bagian server terdapat aplikasi web atau web server yaitu aplikasi jaringan yang ada di dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan dari web client dan mengirimkan permintaan tersebut serta web server juga terhubung dengan port jaringan yang ada di server. nah setelah itu terdapat namanya protocol , protocol merupakan sebuah aturan baku yang digunakan untuk berkomunikasi dan protocolnya yaitu http, Jadi protocol ini berfungsi untuk menghubungkan dua aplikasi agar dapat berkomunikasi dengan cara menggunakan sebuah media yaitu kode kode atau aturan baku yang ada di protocol tersebut.

Baca juga :


Setelah mengetahui browser dan protocol selanjutnya proses data. dalam hal proses data ada namanya web source yaitu sebuah kode yang berisi informasi seperti HTML yang tersimpan di server. Saat anda ingin melihat dan mengambil data server maka anda membuka browser dan mengakses web server melalui sebuah url domain atau IP address dan protocol lah yang membantunya , protocol membantu web client dalam pengambilan web source yang ada di aplikasi web. Dalam hal ini protocol mengiriman suatu permintaaan ( Request ) ke pada web server  ,  lalu web server menerima dan melakukan proses permintaan web client selanjutnya web client menunggu respon yang di berikan oleh web server dan setelah itu web server menutup sambungan setelah web server memberikan respon kepada web client.

Untuk lebih singkatnya anda perhatikan contoh di bawah ini :

Anda memakai browser google chrome untuk mengakses artikel saya , nah saat anda mengakses artikel saya terkadang anda tidak sadar bahwa anda telah menggunakan atau mengakses http untuk mengambil data yang ada di server dan menampilkanya di browser. Untuk mengakses data web source artikel saya,  anda mengetik URL di browser lalu protocol http mengirim sebuah request atau permintaan ke web server dan web server menerima permintaan tersebut dan mencari di lokasi data server menyimpanya setelah ketemu maka web server mengirim data web source ke web client agar dapat di tampilkan di browser. Setelah web server mengirim data maka web server menutup sambungan dan menunggu permintaan lainya, nah konsep sederhanya seperti itu.

Konfigurasi server http di cisco packet tracer


Nah setelah mengetahui mengenai http maka selanjutnya melakukan percobaan :  Tutorial membuat konfigurasi server http yang berfungsi untuk agar komputer client dapat terhubung dengan komputer server dan komputer client dapat mengakses web source yang ada di komputer server melalui ip address yang di berikan.

Pertama-tama buatlah susunan topologi seperti gambar di bawah ini :
Dengan ketentuan :
  • 1 Pc client
  • 1 Pc server
  • Menggunakan kabel silang
Selanjutnya mengisi ip address :

Mengisi ip address

  • Pc client  :
    IP address : 10.10.10.1
    Subnetmask : 255.0.0.0
  • Pc server :
    IP address : 10.10.10.2
    Subnetmask : 255.0.0.0
Note : Anda bisa mengikuti ip address seperti di atas atau memilih ip address sendiri.

Setelah anda mengisi ip address selanjutnya menghidupkan http dengan cara :


  • Pertama anda double klik pada server , lalu klik menu config
  • Setelah klik maka akan muncul beberapa menu , pilih bagian yang http dan nanti akan muncul pengaturan http selanjutnya hidupkan http dengan cara menekan tombol radio buttom ke tombol ON, Setelah itu pada bagian file name yaitu nama file anda biasanya sudah default yaitu index.html dan di bawahnya berisi kode html bawaan packet tracer yang nantinya akan di tampilkan di browser.
Note : Anda bisa juga mengubah file name serta kode htmlnya tetapi harus paham dalam penulisan kode html.

Setelah menghidupkan http maka selanjutnya anda bisa mencoba mengakses data yang ada di server melalui browser dengan cara :


  • Anda double klik pc client dan masuk ke menu desktop
  • Selanjutnya pilih web browser dan ketik ip address pc server di kolom URL dan tekan go
  • Maka nantinya akan muncul tampilan web source yang ada di web server seperti di gambar di atas.
Nah itulah beberapa penjelasan mengenai http serta konfigurasi web server di packet tracer, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih memahami mengenai http serta konfigurasinya di packet tracer dan jika ada yang kurang di mengerti silahkan komentar di kolom komentar. semoga bermanfaat dan terima kasih.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar