--> Skip to main content

Pengertian DNS dan konfigurasinya di cisco packet tracer

Dns merupakan salah satu konfigurasi yang ada di packet tracer yang fungsinya untuk membuat saat anda ingin mengunjungi sebuah situs atau mengakses server anda tidak perlu lagi untuk mengetik ip address tetapi anda mengetik url saja yang berupa nama domain yang tentunya hal ini dapat membuat kita dipermudah dalam mengaksesnya dan selanjutnya sebelum anda memasuki cara membuat konfigurasi dns server di cisco packet tracer, maka lebih baik dulu berkenalan serta mengetahui sekilas mengenai dns yaitu :

Pengertian DNS


DNS ( Domain Name System  ) merupakan sebuah server yang melayani permintaan client untuk mengetahui alamat yang digunakan sebuah domain. Jadi dns ini berguna untuk sebagai sistem yang menghubungkan sebuah url dengan ip address. dengan adanya dns ini anda tidak perlu mengetik ip address sebuah website untuk mengunjunginya anda hanya perlu mengetik nama domain saja untuk mengunjungi situs website tersebut. Misalkan saja website google , google memiliki alamat ip address websitenya yaitu : 172.217.0.142 untuk mengakses google anda perlu mengetik ip address google untuk mengunjugi situs websitenya. Nah dengan adanya dns maka anda tidak perlu mengetik ip address google tersebut , anda hanya perlu mengetik domainnya saja yaitu google.com. jadi dalam hal ini domain berfungsi untuk mempercepat serta mempermudah untuk mengakses sebuah situs.

Fungsi DNS


Dns ini memiliki fungsi untuk data base server yang berguna untuk menyimpan alamat ip address yang digunakan sebagai hostname. Misalkan saja anda mengunjungi situs ini yaitu aguro.net , nah saat anda mengetik aguro.net di web browser maka dns server akan menerjemahkan domain tadi yaitu aguro.net menjadi sebuah ip address yang terhubung ke server penyimpanan data website ini dan akan menampilkanya ke web browser atau mesin pencari anda. Selain fungsi ini dns memiliki fungsi lainya yaitu :

1. Mempermudah pengguna untuk mengakses sebuah situs
2. Penerjemah antara domain ke sebuah ip address
3. Penghubung antara ip address dengan domain yang digunakan
4. pengenditifikasi sebuah perangkat komputer yang digunakan
5. mendata serta mencari server untuk mengirimkan email.

Dalam hal ini fungsi dns sebenarnya masih banyak lagi tapi saya disini hanya memberikan beberapa saja untuk sebagai informasi yang umum.

Cara konfigurasi DNS server di cisco packet tracer


Setelah mengetahui sekilas mengenai dns server selanjutnya kita membuat konfigurasi dns server di cisco packet tracer, sebelum membuat konfigurasinya maka terlebih dahulu mengenal mengenai dns server.


Apa itu DNS server


Dns server merupakan sebuah komputer server yang terhubung dengan server, disini dns server memiliki tugas untuk mengatur software khusus untuk jaringan yang digunakan untuk melakukan pencarian nama komputer dalam sebuah jaringan serta memetakan ip address dan juga dns server memiliki database jaringan yang diisi seperti hostname.

Konfigurasi DNS server di tracer


Pertama anda membuat konfigurasi http terlebih dahulu, caranya sudah ada dan saya bikin di artikel cara konfigurasi http di cisco packet tracer, cuman perbedaanya hanya di tambahkan 1 buah server dan 1 buah switch. Tampilan topologinya seperti di bawah ini :

topologi jaringan


Note : untuk ip address anda bisa menggunakan ip address di bawah ini atau anda bisa juga untuk mencoba ip address sendiri :
  • Server 0 : 10.10.10.1
  • Server 1 : 10.10.10.2
  • Pc client 0 : 10.10.10.3
Untuk kabel menggunakan kabel lurus.

Baca juga :
Selanjutnya menghidupkan konfigurasi dnsnya

Pertama anda double klik server 1 dan pindah ke bagian menu config , pada bagian config pilih menu service dan pilih bagian dns seperti di gambar di bawah ini  :

dns server konfigurasi


Selanjutnya isi pada bagian di tandai seperti foto di bawah ini dan pastikan radio buttom telah di arahkan ke on :

dns server konfigurasi 2

  • Nomor 1 untuk alamat domain yang ingin di pake contohnya : belajartracer(.)com
  • Nomor 2 untuk memasukan ip address server 0 yaitu : 10.10.10.1
  • Nomor 3 klik tombol add untuk menambahkan record ke host record DNS Server
  • Nomor 4 tampilan record yang telah ditambahkan
Selanjutnya dan Langkah terakhir melakukan browsing http ke domain

Pertama anda masuk ke pc client 0 dan pilih bagian web browser, pada bagian web browser ketik : domain yang telah anda ketik di server1 yaitu : belajartracer(.)com dan selanjutnya klik go seperti gambar dibawah ini :

browsing di pc client


maka nantinya akan muncul tampilan yang ada di dalam server 0 seperti di bawah ini :

browsing di pc client


Nah itulah cara konfigurasi dns server yang bisa anda lakukan di cisco packet tracer, dengan adanya dns server tentu dalam mengakses file yang ada di server lebih mudah karena hanya menggunakan url atau domain saja tidak seperti saat hanya melakukan konfigurasi http saja. manfaat ini terasa setelah menggunakan ribuan server contohnya saja saat kita mengunjugi situs-situs yang ada di internet , maka untuk mengunjugi sebuah situs anda hanya perlu mengingat alamat domainya yang tentu lebih mudah dari pada ip address yang berupa angka saja dan bagi yang belum mengerti atau perlu bertanya silahkan comment di kolom komentar dan terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar