Skip to main content

7 Fitur Kamera yang Sekarang Wajib Dimiliki Smartphone, Apa Saja?

Apa yang jadi pertimbangan utama Anda ketika akan membeli smartphone baru? Selain harga dan performa, Anda barangkali juga mempertimbangkan spesifikasi atau fitur kamera smartphone yang tersedia. Hal ini tidak terlalu mengherankan, mengingat bahwa berbagi konten foto maupun video lewat media sosial saat ini sudah jadi aktivitas yang banyak dilakukan pengguna smartphone.

fitur kamera


Nah, berbicara soal kamera smartphone, sekarang resolusi atau megapikselnya sudah tak lagi jadi patokan utama untuk kualitas jepretan maupun video yang direkam. Soalnya, sekarang makin banyak fitur kamera smartphone yang canggih untuk menyempurnakan teknologinya. Bahkan, ada beberapa fitur yang sekarang seperti dianggap fitur wajib untuk kamera smartphone, sehingga digunakan jadi standar spesifikasi kamera minimal yang baik. Apa saja ya fitur-fitur tersebut?

Night Mode


Fitur Night Mode alias mode mala mini pertama kali diperkenalkan pada kamera smartphone di tahun 2018 lewat kehadiran  smartphone-smartphone baru dari Google, OnePlus, Xiaomi, dan Huawei, sebelum akhirnya diikuti vendor lain seperti Samsung, ASUS, sampai Apple lewat iPhone 11 terbaru mereka. Dengan Night Mode, kamera memanfaatkan teknik machine learning dan penumpukan beberapa gambar dalam satu jepretan agar kualitas hasil foto meningkat, meskipun gambar diambil di dalam kondisi minim cahaya.

Perekaman 4K di 60fps


Fitur yang satu ini bisa dibilang wajib ada untuk smartphone flagship, alias smartphone yang masuk kasta tertinggi, baik dari segi harga maupun spesifikasi. Tentunya, dengan adanya fitur kamera smartphone yang satu ini, kualitas video yang direkam juga semakin jelas, jernih, dan tajam.

Hybrid Zoom


Masih ingat dengan Huawei P30 dan P30 Pro yang hasil jepretannya sukses membuat banyak orang tercengang meskipun pengguna menggunakan zoom sampai dengan 5x saat mengambil gambar? Hal tersebut dibuat mungkin berkat teknologi lensa teleskop yang tersemat pada smartphone untuk mendampingi kamera utama. Nah, kemampuan zoom 5x tersebut memanfaatkan teknologi hybrid zoom, di mana kekuatan hardware dan software dikombinasikan untuk kualitas gambar maksimal. Selain Huawei, Oppo dan Google juga telah mengimplementasikan teknologi, seperti yang bisa Anda nikmati lewat fitur Super Res Zoom yang tersedia sejak perilisan Google Pixel 3a.

Auto-Focus untuk Kamera Selfie


Terkesan sepele, tapi ternyata fitur ini banyak dibutuhkan para pengguna smartphone, lho! Apalagi, fitur ini bahkan belum banyak ditemukan di dalam perangkat smartphone flagship berspesifikasi tinggi sekalipun, seperti Huawei P30 Pro dan OnePlus 7 Pro.

Padahal, seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial saat ini, makin banyak pengguna yang lebih sering menggunakan kamera depan alias kamera selfie daripada kamera belakang. Jadi, banyak yang ingin membeli kamera dengan kemampuan kamera selfie yang oke agar hasil jepretannya tak kalah tajam dengan fokus yang bagus. Untungnya, fitur ini sebenarnya sudah bisa ditemukan di beberapa smartphone buatan Samsung dan Google, dan semoga bisa diikuti oleh berbagai brand terkenal lainnya.

Auto HDR


Sebenarnya, fitur HDR sudah jadi andalan untuk kamera smartphone buatan berbagai vendor, lho! Hanya saja, belum semua vendor memasukkan fitur kamera smartphone yang satu ini, seperti Huawei. Meski demikian, fitur HDR sudah terdapat di perangkat Huawei, hanya saja Anda perlu melakukan pengaturan manual untuk mengaktifkannya. Sedangkan merk smartphone yang sudah mengusung teknologi auto HDR misalnya adalah Samsung, Xiaomi, Vivo, dan Google.

Optical Image Stabilisation (OIS)


Yang tak kalah penting juga adalah fitur OIS alias Optical Image Stabilisation. Lewat fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang lebih jelas dan tajam karena OIS mampu meminimalisir goyangan saat gambar diambil. Belum lagi, fitur OIS ini juga bisa dimanfaatkan ketika pengguna sedang merekam video sekalipun.

Pasalnya, gerakan atau goyangan sekecil apapun akan selalu mempengaruhi proses pengambilan gambar atau video. Nah, dengan adanya fitur kamera smartphone yang satu ini, Anda jelas tak perlu lagi khawatir soal gambar atau video yang kabur atau kurang jelas gara-gara tangan goyang atau guncangan, kan?

Nah, itulah beberapa fitur yang sekarang dianggap sebagai standar spesifikasi kamera berkualitas untuk smartphone. Kalau menurut Anda, apa fitur kamera smartphone yang paling penting?
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar