Skip to main content

Cara menghindari Komputer yang Lemot Saat Digunakan

Komputer lemot adalah salah satu masalah yang membuat semua orang merasa kesal. Hal ini disebabkan karena komputer yang lelet akan membuat pekerjaan menjadi terhambat. Sayangnya meski masalah ini adalah masalah umum tidak banyak orang yang tahu bahwa komputer yang lambat ini bisa disebabkan karena hal-hal yang sangat sepele. Karena tidak tahu, maka banyak yang langsung memutuskan untuk melakukan instal ulang laptop mereka untuk mendapatkan kecepatan laptop seperti sedia kala. Akan tetapi sesungguhnya hal ini tidak perlu selalu dilakukan. Untuk anda yang ingin membuat laptop kembali bekerja dengan cepat, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami berikan.

laptop lelet


Defragmentasi Hard Disk 


Salah satu tips yang bisa kami berikan untuk anda yang ingin membuat laptop kembali bekerja dengan cepat adalah melakukan defragment untuk harddisk yang dimilikinya. Bagi anda yang tidak mengerti dunia komputer mungkin merasa hal ini merupakan hal yang sulit dan takut untuk mencobanya. Akan tetapi ketika anda tidak melakukan defragmentasi dalam waktu yang lama. Laptop anda akan menjadi sangat lelet. Hal ini disebabkan karena hardisk yang tidak pernah di defragmentasi akan menyebabkan pencarian data menjadi lebih lambat.

Idealnya sebuah hardisk sebaiknya di defragmentasi sebanyak seminggu sekali atau 2 Minggu sekali. Lalu bagaimana cara melakukannya? Sesungguhnya cara melakukan defragmentasi ini tidak sulit anda hanya perlu menggunakan fitur defragment yang dimiliki oleh operating system anda. Bahkan anda juga bisa melakukan penjadwalan otomatis untuk defragmentasi hard disk laptop anda. selain menggunakan fitur bawaan windows anda juga bisa memakai software gratis atau berbayar yang bisa anda coba untuk defrag hard disk laptop anda.

Minimalisasi program start up


Tips kedua yang bisa dilakukan untuk menghindari laptop yang lemot adalah dengan meminimalisir program yang dimulai sejak startup komputer anda. Program start up dapat menyebabkan waktu booting menjadi sangat lama. Makin banyak program yang anda mulai saat awal komputer berjalan, maka makin lama booting komputer anda.

Pada umumnya, waktu yang diperlukan untuk start up adalah 2 hingga 3 menit. Akan tetapi saat ini tidak sedikit komputer yang membutuhkan waktu start up hingga lebih dari 10 menit karena banyaknya program startup yang digunakan. Pada umumnya penggunaan bahkan tidak tahu bahan mereka telah menggunakan program startup sebanyak itu. Hal ini disebabkan karena terkadang dalam instalasi aplikasi banyak yang meminta izin untuk menjadikan program mereka muncul saat booting.

Program startup yang banyak menyebabkan RAM menjadi terasa berat. Hal inilah yang menyebabkan komputer menjadi lama bootingnya. Untuk menghindari Komputer lemot yang disebabkan karena hal ini, cari tahu program apa saja yang meminta izin untuk dibuka pada saat start up komputer, setelah itu memilih mana yang benar-benar dibutuhkan pada saat start up komputer.

Menggunakan aplikasi untuk membersihkan temporary files 


Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghindari komputer yang lelet adalah dengan membersihkan temp files atau file temporer. Selain file asli, ada banyak aplikasi yang membuat temp files. Temp file bertujuan untuk mempercepat akses data terutama untuk situs website yang anda kunjungi. Akan tetapi adanya temp bisa menyebabkan penyimpanan komputer menjadi penuh dan berakibat loading menjadi makin lambat.

Meskipun berguna untuk mempercepat pembukaan sebuah website, tapi tidak semua website yang sudah anda buka akan anda buka lagi di waktu mendatang bukan? Oleh karena itu, akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan aplikasi yang dapat membantu membersihkan file temporary yang tidak berguna tersebut. Untuk membersihkannya, maka menggunakan aplikasi pembersih akan sangat membantu dan menguntungkan bagi anda.

Baca juga :

Minimalisir buka tabs pada browser 


Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk menghindari komputer yang lemot adalah menghindari membuka tabs browser yang terlalu banyak. Sering kali kamu membuka banyak tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus. Hal ini menyebabkan beban yang lebih besar pada RAM komputer anda. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuka tab terlalu banyak saat sedang menggunakan browser.

Gunakan antivirus 


Hal selanjutnya yang membuat Komputer lemot adalah adanya infeksi dari malware. Untuk menghindarinya, maka menggunakan antivirus adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. selain untuk meringankan laptop. menggunakan anti virus juga dapat membuat laptop  anda lebih aman dan terjaga dari ancaman dan gangguan malware atau virus yang dapat membuat laptop anda menjadi rusak ataupun kehilangan data.

Nah itulah beberapa tips untuk meningkatkan peforma laptop anda supaya tidak lelet lagi. semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar