Skip to main content

5 Merk Smartphone Terlaris di Indonesia: Dominasi Vendor Tiongkok ?

Belum lama ini, lembaga penelitian dan konsultasi pasar IDC merilis laporan yang berjudul IDC Quarterly Mobile Phone Tracker Q2-2019. Di dalam laporan tersebut, IDC menjabarkan hasil dari survei yang IDC lakukan terkait dengan pasar smartphone di Indonesia untuk kuartal kedua tahun 2019, salah satunya adalah dokumentasi daftar vendor atau merk smartphone terlaris untuk periode tersebut. Wah, apa saja ya nama merk smartphone yang sukses menghasilkan angka penjualan tertinggi di Indonesia? Yuk, simak daftarnya berikut ini! Kira-kira, merk smartphone yang Anda miliki masuk atau tidak, ya?


5 Merk Smartphone Terlaris di Indonesia versi IDC 


1. Samsung 


hp samsung


Menurut hasil survei yang dilakukan oleh IDC, merk smartphone yang berasal dari Korea Selatan ini masih jadi pemuncak vendor terlaris di Indonesia dengan penguasaan pangsa pasar Tanah Air sebesar 26,9 persen. Meski begitu, angka ini sebenarnya cukup mengkhawatirkan bagi Samsung, mengingat tren penurunan persentase pangsa pasar mereka yang semakin jelas dan signifikan – bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga di negara-negara lain di dunia. Di Indonesia sendiri, Samsung memimpin dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 31,8 persen pada kuartal sebelumnya. Jadi, perbedaannya sangat nampak, ya? Menariknya lagi, berdasarkan laporan lain dari Canalys, Samsung bahkan sudah tidak lagi menempati posisi puncak merk smartphone terlaris di Indonesia, lho! Ada berbagai faktor yang ditengarai sebagai penyebab penurunan pangsa pasar Samsung di Indonesia maupun secara global. Salah satunya adalah dominasi para vendor asal Tiongkok yang sukses menawarkan produk dengan harga yang jauh lebih terjangkau, namun dengan spesifikasi perangkat yang tak kalah dari produk Samsung.

2. Oppo 


hp oppo


Berada di posisi kedua merk smartphone terlaris Indonesia adalah Oppo, yang sukses menguasai 21,5 persen pangsa pasar smartphone di Tanah Air. Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam laporan Canalys untuk periode yang sama, yaitu kuartal kedua tahun 2019, Samsung justru berada di peringkat kedua. Pasalnya, Oppo yang berada di posisi pertama. Terlepas dari siapa lembaga yang melakukan survei, Oppo memang menunjukkan angka pertumbuhan pasar dan penjualan yang signifikan, terutama secara offline. Jadi, meskipun tren belanja online masih melanda di Tanah Air, para pembeli masih bisa mendapatkan produk Oppo secara offline dengan mudah karena vendor asal Tiongkok ini sukses menerapkan strategi pasokan barang yang baik. Apalagi, hal ini juga penting untuk menjaga kestabilan harga smartphone di pasar.

Baca Juga :

3. Vivo 


hp vivo


Di posisi berikutnya ada Vivo, yang juga sama-sama merupakan pabrikan asal Tiongkok. Kesuksesan Vivo mendarat di peringkat ketiga dikarenakan pencapaiannya dalam menguasai pangsa pasar smartphone Indonesia dengan total 17 persen. Angka tersebut pun merupakan peningkatan dari kuartal sebelumnya yang “hanya” 14,9 persen.

4. Xiaomi 


hp xiaomi


Xiaomi mendapatkan posisi di nomor empat daftar merk smartphone terlaris di Indonesia versi IDC dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 16,8 persen. Angka ini merupakan peningkatan dari kuartal sebelumnya pada kuartal pertama tahun 2019, yaitu 10,8 persen.Peningkatan tersebut diperkirakan karena banyaknya produk anyar Xiaomi maupun sub-brand mereka, yaitu Redmi, begitu memasuki kuartal kedua, seperti Redmi 7 dan Redmi 7 Note.

5. Realme 


hp realme


Untuk pertama kalinya, Realme masuk menjadi salah satu merk smartphone terlaris di Indonesia. Tercatat, pangsa pasar yang sukses Realme kuasai adalah sebesar 6,1 persen. Angka tersebut jelas merupakan pencapaian yang sangat sukses, mengingat bahwa Realme menguasai hanya 1,4 persen pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2019 – turun 0,2 persen dibandingkan pangsa pasar mereka pada kuartal terakhir tahun 2018. Peningkatan yang signifikan tersebut bisa jadi karena Realme merilis duet Realme 3 dan Realme 3 Pro dalam periode tersebut, yang dengan segera menjadi smartphone favorit masyarakat Indonesia. Sebab, terlepas dari harganya yang hanya mulai dari Rp 1 jutaan untuk Realme 3, pengguna sudah bisa menikmati smartphone dengan spesifikasi yang wah dan performa yang handal. Oh iya, dengan masuknya Realme ke dalam lima daftar vendor smartphone terlaris di Indonesia, artinya produk asal Tiongkok ini sudah sukses menggeser Advan, lho! Selain itu, pencapaian ini juga ditorehkan hanya dalam waktu kurang dari satu tahun sejak Realme hadir di pasar smartphone Tanah Air.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar