Skip to main content

Tips menjaga smartphone agar lebih awet

Smartphone merupakan sebuah perangkat yang sering digunakan oleh banyak orang, selain merupakan perangkat komunikasi smartphone juga bisa digunakan untuk berfoto, bermain game, menonton film , menyimpan data penting dan media belajar.

smartphone juga merupakan sebuah perangkat digital yang bisa rusak, baik itu karena faktor penggunaan yang sudah lama, cara merawat atau karena user smartphone itu sendiri, maka artikel pada hari ini saya akan membahas cara supaya smartphone lebih awet dan tahan lamat.


smartphone

Berikut ini tips cara menjaga smartphone agar lebih awet dan tahan lama :

Menjaga kebersihan smartphone


Kebersihan sebuah smartphone itu sangat penting, smartphone yang kotor dapat menghambat kinerja dan peforma smartphone tersebut, selain itu smartphone yang bersih lebih nyaman dipakai dan enak di lihat, tips untuk menjaga kebersihan smartphone bisa dicoba dengan cara membersihkan smartphone secara berkala menggunakan tisu kering atau jenis tisu alkohol yang digunakan pada bagian permukaan smartphone seperti layar dan body smartphone dan juga hindari penggunaan tisu basah dan pembersih lainya yang dapat menyebabkan smartphone menjadi lembab dan hindari juga menekan secara keras pada layar smarphone.

Memakai pelindung layar dan case


Smartphone sendiri biasanya sudah di lengkapi pelindung layar bawaan, tetapi tidak salah juga menambah pelindung layar agar tampilan layar smartphone lebih terjaga supaya tidak tergores, pecah ataupun rusak, pada bagian body pun juga ada smartphone yang memiliki body yang kokoh dan kuat, tetapi dalam penggunan case selain menjaga agar body smartphone tidak lecet bisa juga menambah keindahan dan penampilan smartphone tersebut dan pemilihan pelindung layar dan case juga perlu diperhatikan cari lah pelindung layar dan case yang berkualitas tinggi agar kualitas yang di berikan juga maksimal.

Kamera dan speaker


Smartphone juga sering digunakan untuk berfoto dan mendengarkan musik, cara merawat kamera dan speaker pada smartphone cukup mudah yaitu hidari meletakan smarthone pada bagian permukaan yang  kasar yang dapat menyebabkan goresan pada lensa kamera atau bisa juga menambah perlindungan pada bagian lensa kamera, untuk speaker juga cukup mudah  hindari meletakan smartphone pada tempat yang memiliki daya atau medan manget, tempat berair dan tempat berdebu yang dapat menyebabkan speaker rusak.

Simpan di tempat yang aman


Setelah menggunakan smartphone jangan sembarang meletekan smartphone, letaklah smarphone pada tempat yang jarang di lewati , misalnya meja atau di dalam lemari, dan hindari juga meletakan smartphone di  tempat yang lembab.

Charger pada waktunya


Hindari menggunakan smartphone sampai baterai dibawah 10 persen atau mati total karena dapat menyebabkan siklus baterai menjadi berkurang dan membuat baterai cepat rusak, chargerlah smartphone sampai penuh dan gunakalah charger yang ori atau berkualitas dan hindari juga kebiasaan menggunakan smartphone pada saat charging.

Install antivirus dan cleaner


Anti virus pada smartphone penting karena digunakan untuk menjaga keamanan pada smartphone agar tidak di masuki virus , jadi pilih lah anti virus terbaik untuk smartphone anda dan gunakanlah anti virus untuk menscan smartphone anda agar terbebas dari virus dan aplikasi yang mengandung virus.

Cleaner juga penting pada smartphone karena cleaner berfungsi untuk membersihan file sisa aplikasi atau sistem agar smartphone memiliki ruang bebas, dan juga meringakan kinerja smartphone dengan cara membersihkan ram.


Update software


Di smartphone terdapat beberapa software seperti aplikasi dan sistem operasi, aplikasi pada smartphone banyak jenisnya pastikan selalu mengupdate aplikasi yang sering digunakan dan juga mengupdate sistem operasi ataupun security agar smartphone support aplikasi terbaru dan keamanan smartphone juga lebih terjaga.


Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan


Uninstall atau hapus lah aplikasi yang jarang digunakan agar smartphone memiliki ruang dan ram yang bebas, selain itu install lah aplikasi yang berasal dari sumber terpecaya seperti playstore dan jika terdapat aplikasi bawaan dari smartphone yang tidak bisa dihapus maka bisa menggunakan fitur menonaktifkan supaya aplikasi di matikan dan tidak berjalan.

Restart smartphone


Restart pada smartphone berfungsi untuk menyegarkan smartphone kembali ataupun ada aplikasi yang memerlukan smartphone untuk restart dan merestart smartphone juga bisa digunakan untuk solusi jika ada aplikasi yang hang atau crash tidak bisa dibuka atau keluar sendiri, restart pada smartphone dilakukan minimal 1 atau 2 hari sekali supaya smartphone dapat optimal dan fresh kembali.


Backup & restore


Backup data berfungsi agar jika smartphone mengalami gangguan dan rusak maka data yang ada di smartphone tetap terjaga dan terlindungi, jika di dalam smartphone memiliki data penting maka backuplah smartphone secara berkala atau 2 minggu sekali.

Baca juga : 
Sekian artikel pada hari semoga bermanfaat bagi para pembaca dan semoga tips ini dapat menjaga smartphone anda menjadi lebih awet dan tahan lama.
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar