Skip to main content

Ini dia pengertian perbedaan komik cetak dan digital

Halo para pembaca aguro.net, pada hari ini saya akan memposting artikel perbedaan komik cetak dan digital, nah para pembaca pasti tau atau pernah mendengar namanya komik, komik merupakan sebuah media untuk mengekspresikan ide atau perasaan yang berupa gambar dan tulisan, komik biasanya berbentuk gambaran kisah seseorang yang di padukan dengan balon ucapan, keterangan, narasi, efek suara dan lainya yang berbentuk panel yang disandingkan.

Komik sendiri banyak jenis atau genrenya dari komik lucu, romantis, aksi, petualangan, fiksi dan masih banyak genre komik lainya, komik di zaman modern ini ikut berkembang yang dulunya komik di cetak di kertas sekarang menjadi komik digital yaitu sebuah komik yang tidak perlu dicetak di kertas, nah untuk lebih lengkapnya ayo baca penjelasan berikut ini :

gambar komik cetak dan digital

Apa sih komik cetak dan digital itu ?


Komik cetak merupakan sebuah gambar serta tulisan yang di gambar atau cetak di kertas, komik cetak biasanya di gambar di sertai teks atau tulisan yang nantinya disusun menjadi sebuah buku tipis maupun tebal sedangkan komik digital itu hampir sama seperti komik cetak bedanya ia tidak di cetak di kertas, komik digital itu digambar dan di edit secara maya di dalam komputer ataupun di gambar dikertas lalu di scan dan dimasukan ke dalam komputer dan komik digital juga nantinya berupa sebuah file seperti pdf ataupun berupa gambar yang dapat di akses pada aplikasi tertentu, biasanya komik cetak maupun komik digital itu memiliki series atau volumenya jadi komik itu memiliki bab dan berepisode tetapi ada juga komik yang hanya memiliki 1 volume atau 1 series saja.

Perbedaan komik cetak dan digital


Proses pembuatan


Untuk proses pembuatan sebuah komik memang memakan banyak waktu baik dari mengambar, pewarnaan atau pun membentuk jalan cerita, komik digital lebih cepat dari komik cetak karena proses editing bisa di lakukan di komputer, jika ada kesalahan bisa di undo atau kembali, dan pemilihan warna dan proses edit juga mudah dilakukan di komputer.
ada beberapa informasi mengatakan kalau proses membuat komik cetak itu memakan waktu paling tidak 1 bulan untuk 1 chapter sedangkan komik digital itu sekitar 1 mingguan untuk 1 chapter.

Cara mengakses


Cara mengakses sebuah komik cetak itu melalui buku komik, buku komik biasanya di jual di toko buku dan harganya tergantung komik itu sendiri yang biasanya kisaran harga 20ribu sampai 40ribu rupiah sedangkan komik digital itu cara mengaksesnya ke website penyedia komik atau aplikasi tertentu dan aksesnya gratis tanpa bayar, hanya saja disini memerlukan kuota internet untuk mengaksesnya.


Kualitas


Dari segi kualitas komik cetak dan digital sama , cuman bedanya rasa menggunakan komik itu atau feelnya, komik cetak itu rasanya kita memang memegang komik itu dan berasa nyata karena komik cetak itu berupa sebuah buku sedangkan komik digital itu kita hanya bisa melihat dan scroll saja.
Kelebihan dari komik cetak itu kita bisa mengkoleksi komik itu dan jika ada event atau acara jumpa fans pembaca bisa meminta tanda yang nantinya di tanda tangani di komik tersebut selain itu bisa juga membangun hubungan erat antara komikus dengan pembacanya.

Respon pembaca


Respon pembaca itu sangat penting, dengan respon pembaca para komikus bisa membangun hubungan dengan pembaca dan bisa menerima kritikan ataupun saran yang nantinya berguna untuk meningkatkan kualitas komik atau komikus tersebut atau juga memberikan masukan ide untuk komik selanjutnya.

Untuk perbedaanya, biasanya untuk komik cetak itu untuk menerima respon dari pembaca bisa melalui social media, surat , atau email tetapi kalau dari segi kecepatan untuk komik digital itu lebih cepat karena komik digital itu langsung memberikan ruang komentar bagi para pembaca, sehingga setelah komik diunggah para pembaca bisa langsung baca dan berkomentar.

Keuntungan


Sebuah Komikus mendapatkan  keuntungan dari penjualan komik tersebut , selain itu bisa juga dari perusahaan, royalti dan berbagai kerja sama seperti game, kartun, produk, merchandise atau pun iklan.

Bedanya keuntungan komik cetak sama digital ialah, kecepatan atau waktu mendapatkan keuntungan, biasanya komik cetak itu menunggu komik tersebut dicetak baru mendapatkan keuntungan ataupun mendapatkan gaji dari perusahaan sedangkan komik digital bisa langsung mendapatkan keuntungan perbulan atau hasil dari unggahan.

Nah untuk komik cetak dan digital sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergatung para pembaca lebih suka yang mana dan untuk saya sendiri saya suka kedua-duanya, komik cetak itu memiliki feel yang berbeda dari komik digital dan bisa di jadikan koleksi , kalau komik digital cara mengaksesnya cepat dan juga gratis.

Baca juga :
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar