Skip to main content

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Mungkin pernah di antara teman teman semua mengalami masalah dengan Google Play Store. Biasanya hal yang sering kalian alami adalah Google Play Store keluar sendiri dan muncul tulisan “ Sayangnya Google Play Telah Berhenti “, penyebab terhentinya layanan Google Play ini akan menjadi sangat menarik untuk kita bahas, karena hal ini masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatasi layanan google play yang tiba tiba terhenti.

penyebab dan cara mengatasi google playstore berhenti


Google Play atau yang biasa kita sebut dengan PlayStore merupakan sebuah aplikasi yang sudah ada di setiap smartphone android , Playstore ini memiliki banyak aplikasi dan juga game keren yang ada di dalamnya. Belum lama ini ada beberapa game keren yang dimainkan oleh banyak orang seperti PUBG, Free Fire, Mobile Legends, Auto Chest dan masih banyak yang lainnya.

Berhentinya layanan Google Play store ini sering terjadi di beberapa jenis dan merk hp seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, Oppo, Vivo dan masih banyak lagi kecuali iPhone ( karena iphone bukan android dan iphone memiliki os sendiri bernama IOS dan menggunakan App Store). Mengapa ini bisa terjadi ? Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa kesalahan saja.

Nah untuk lebih jelasnya, kita akan ulas semuanya tentang cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa di buka dan juga penyebab layanan google play ini terhenti, yuk kita langsung ke pembahasan.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti dan Tidak Bisa Di Buka 


Ada beberapa penyebab yang mungkin pernah kalian alami di saat menggunakan smartphone android ini. Misalnya saja seperti layanan Google Play Telah terhenti yang mana kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut jika Google Play nya sendiri tidak bisa di buka. Nah kira kira, apa ya penyebab dari terhentinya Layanan Google Play itu sendiri ?

1.Aplikasi terlalu terbebani atau berat

2.Memakan banyak RAM yang berlebihan

3.Penggunaan Data dan Cache aplikasi yang semakin lama semakin menumpuk

4.Sampah yang di timbulkan dari PlayStore menumpuk pada folder tersembunyi

5.Versi Android yang tidak kompatibel dengan layanan

6.Penyimpanan Internal yang sudah penuh.

Itulah penyebab mengapa Layanan Google Play tidak bisa di buka atau tiba tiba terhenti. Lalu bagaimana cara mengatasi layanan Google Play berhenti mendadak ?

Munculnya pop up atau pemberitahuan Layanan Google Play sudah terhenti ini, ditujukan kepada aplikasi yang sudah tidak bisa lagi menampung beban dari permintaan kalian, misalnya saja memori internal yang sudah penuh, cache pada aplikasi yang akan kalian buka sudah banyak menumpuk hal ini sangat berpengaruh kepada aplikasi yang akan kalian gunakan.

Jika sudah terjadi seperti itu, kalian harus melakukan tahapan tahapan seperti di bawah ini yang akan saya sampaikan kepada teman teman semua.

Baca juga :

1. Menghapus Data dan Cache Aplikasi


Untuk menghapus data dan cache pada sebuah aplikasi ini, kalian bisa melakukannya secara rutin dan berkala demi kelancaran sebuah layanan aplikasi.

Karena saya sendiri sudah sering menemukan hal seperti ini dan saat saya hapus data dan cache aplikasi, maka aplikasi tersebut sudah bisa digunakan kembali. Untuk caranya kamu bisa masuk ke Pengaturan > Pengaturan Aplikasi > Mengelola Aplikasi > Pilih Salah satu Aplikasi > Hapus Data dan Cache.

Cara di atas merupakan salah satu cara yang sangat mudah untuk menghapus data dan juga cache pada sebuah aplikasi. Kelemahan dalam menghapus data ini yakni history download kamu akan ikut terhapus dan juga data login dan lain lain. Maka dari itu, sebelum menghapus data aplikasi ini kamu harus mengingat sandi tersebut dengan benar ya.

2. Memberhentikan background Apps


Background aplikasi jika di bahasa indonesiakan agar teman teman maksud di sini adalah aplikasi yang berjalan di latar elakang. Jika kamu merasakan hp yang panas, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi background yang sedang running, kamu bisa menggunakan aplikasi greenify untuk menghapus aplikasi latar belakang tersebut.

Namun, jika kalian ribet untuk mendownload terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan trick tanpa aplikasi ini dengan cara masuk ke pengaturan > pengaturan tambahan > lalu kalian bisa pilih aplikasi yang suka berjalan sendiri lalu kamu bisa pilih pada menu bagian bawah dan pilih Paksa Berhenti atau Nonaktifkan.

3. Restart Smartphone


Merestart sebuah smartphone tidak hanya bertujuan menyegarkan saja, akan tetapi bisa juga memulihkan aplikasi yang sering kita gunakan. Jika sudah selesai merestart smartphone, kalian bisa membuka aplikasi Play Store apakah masih berat untuk di buka atau tidak.

Jika hal ini masih sering teman teman rasakan, maka kalian bisa ikuti langkah langkah selanjutnya.

4. Memperbarui OS yang Sudah Usang


Apakah versi android yang kamu gunakan masih Jadul ? Jika iya segera update atau perbarui versi android ke yang lebih baru. Karena dengan mengupdate OS android beberapa aplikasi yang sudah tidak kompatibel dengan OS yang jadul bisa digunakan setelah mengupdate OS android yang kalian gunakan.

5. Menggunakan Alternatif Lain Untuk Mendownload


Mendownload sebuah aplikasi untuk smartphone Android, tidak harus menggunakan Layanan Google Play atau Play Store. Kamu masih bisa menemukan beberapa aplikasi yang bisa kalian download dari Internet menggunakan Google Chrome atau browser andalan kalian.

Berikut ini beberapa list rekomendasi situs web untuk mendownload beberapa aplikasi :

1. APK Pure

2. APK Mirror

3. Amazon AppStore

4. F-Droid

5. AppToide

Beberapa list di atas, kalian bisa menemukannya di Google dengan bantuan browser andalan kalian.

Nah, bagaimana ? sekarang apa kalian semua sudah mengerti dan tau penyebab layanan google play tiba tiba berhenti dan juga cara mengatasinya ? Jika menggunakan layanan di atas masih sama, maka langkah terakhir upgrade hp kalian ke yang lebih tinggi.

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar