Skip to main content

Tips membeli laptop baru dan bekas yang perlu kamu ketahui

Halo para pembaca Aguro.net, pada hari ini saya akan memposting artikel tentang tips membeli laptop baru dan bekas, laptop merupakan suatu komponen yang banyak digunakan, baik itu untuk kerja, mengejarkan tugas, editing atau pun untuk bermain video game dan menonton film.

laptop bekas dan baru


Di zaman modern ini semakin maju perkembangan teknologi maka perlu pula laptop yang bagus untuk menunjang produktivitas dan peforma yang baik, sebuah laptop baru atau bekas untuk bagus  tidaknya tergantung cara memilihnya, memang disarankan untuk membeli laptop model yang baru, karena suatu komponen pasti berkembang, kadang kala, ada beberapa komponen yang tidak support atau belum di perbarui tetapi belum tentu laptop bekas lebih buruk dari pada laptop baru, disini tergantung cara memilih laptop tersebut.

Nah untuk itu aguro.net akan memberikan tips untuk kalian cara memilih laptop yang bagus baik itu baru atau pun bekas.

TIPS MEMBELI LAPTOP BARU


1. Tetapkan Kebutuhan


Sebelum membeli laptop tentukan kebutuhan terlebih dahulu, untuk apa laptop tersebut digunakan, apa untuk kerja ringan seperti mengetik, menyelesaikan tugas atau pun untuk browsing, ada juga laptop digunakan untuk kerja , editing dan untuk bermain game, jadi membeli laptop itu harus tahu kebutuhan laptop tersebut supaya nanti tidak rugi membelinya atau malah mumbazir.

Laptop memiliki beberapa tipe yaitu :

Laptop Standart

Laptop standart merupakan laptop yang digunakan untuk kebutuhan standart seperti mengetik, mengejarkan tugas, menonton film, browsing atau pun bermain game ringan, biasanya harga laptop ini memiliki rentang harga 2-5 jutaan , spesifikasinya pun standart misal processor dual core, Celeron, atau pun menggunakan processor core i 3 dan memiliki ram antara 2gb atau 4gb dan biasanya tidak menggunakan vga tambahan jadi masih menggunakan vga bawaan.

Laptop Medium

Laptop medium ini merupakan laptop yang digunakan untuk kerja ringan tapi bisa juga digunakan untuk editing ringan dan gaming , walau terkadang harus menurunkan graphic supaya performa bermain game baik dan lancar, laptop medium ini merupakan laptop yang biasa digunakan pekerja kantoran ataupun pelajar , biasanya memiliki vga tambahan baik itu nvidia ataupun amd, untuk harga sendiri tergantung spesifikasi juga tetapi biasanya dari 5-10 jutaan, untuk penggunaan processor biasanya menggunakan processor core i3 gen terbaru sama core i5 dengan ram 4gb atau lebih.

Laptop High

Laptop high merupakan laptop yang bisa atau mampu mengejarkan editing berat, bagus untuk gaming dan beberapa keperluan yang memerlukan spesifikasi yang tinggi, laptop ini biasanya memiliki komponen yang baru dan memiliki harga antara 10-20 jutaan,biasanya memiliki processor core i5 generasi baru atau core i7, memiliki vga tambahan dan fitur lainya dan untuk ram sendiri antara 8 Gb-16 Gb, biasanya laptop ini dipakai memang untuk seseorang yang perlu menggunakan laptop spesifikasi yang tinggi seperti editor, ataupun gaming player.

Laptop High-End

Nah untuk laptop high-end ini seperti laptop high memiliki spesifikasi yang tinggi tetapi biasanya laptop high-end ini memiliki fitur yang terbaru dan komponen yang terbaru juga, laptop ini biasanya digunakan untuk kerja yang berat dan memerlukan fitur-fitur yang terbaru, laptop ini biasanya memiliki processor yang terbaru, vga terbaru dan komponen terbaru, jadi laptop ini mungkin dikhususkan untuk para pembeli yang memang perlu akan komponen yang baru sehingga peformanya pun semakin tinggi, untuk harga sendiri diatas 20juta.

2. Tentukan Spesifikasi


spesifikasi laptop


Processor

Setelah memilih laptop sesuai kebutuhan , maka selanjutnya memilih merek processor, dalam pemilihan processor biasanya ada 2 yaitu intel dan amd, untuk varian intel bisa memilih antara processor intel core i3, core i5 dan core i7, untuk amd bisa memilih varian amd seri  ryzen.
Selain itu memilih processor laptop juga perlu melihat generasi dan jumlah inti processor tersebut, jadi semakin tinggi  atau terbaru generasi processor dan banyak juga jumlah inti dari processor tersebut maka akan semakin bagus.

Ram

Untuk pemilihan ram laptop biasanya disediakan antara varian 4gb, 8gb atau 16gb, untuk minimalnya memilih laptop dengan ram 4gb, karena semakin lama keperluan sebuah aplikasi pun meningkat, jadi ram jika sedikit akan menggangu peforma laptop tersebut, untuk peforma yang bagus bisa memilih laptop dengan ram 8gb atau 16gb atau sesuai dengan kebutuhan ,jika untuk laptop standart 4gb pun sudah cukup, tetapi jika untuk editing gaming disarankan 8gb atau diatasnya.

Dan untuk saran lain pilih lah laptop dengan dual channel, atau laptop yang masih memiliki slot ram untuk di upgrade, jadi seandainya kalian membeli laptop dengan ram 4gb, dan merasa tidak puas, maka bisa melakukan upgrade dengan menambah kapasitas ram tersebut dan perhatikan juga dalam pemilihan upgrade ram, disarankan memilih tipe atau jenis ram yang sama dan merek yang sama dengan speed bus , volt,freq, kapasitas dan clock yang sama juga , jadi misalkan ram kalian aslinya 4gb ddr 3 maka pilihlah ram yang juga 4gb ddr 3 dengan speed bus,freq, clock dan volt yang sama juga.

Storage

Untuk jenis storage atau penyimpanan sekarang ada 2 tipe yaitu ssd dan hdd, fungsi ssd untuk mempercepat suatu proses atau loading, jadi ssd ini biasanya digunakan untuk penyimpanan file program atau booting sistem operasi,  sedangkan untuk hdd ini untuk lebih kearah penyimpanan jadi misalkan kalian membuat sebuah proyek atau ingin menyimpan file , maka simpanlah di hdd.

untuk saya pribadi sendiri saya menyarankan membeli laptop yang menggunakan ssd+hdd, jadi ssd untuk mempercepat suatu proses atau loading ditambah dengan hdd untuk menyimpan data
tapi kembali lagi sesuai dengan kebutuhan, untuk misalnya untuk kerja ringan bisa saja menggunakan Hdd, tetapi jika kerjanya butuh proses yang cepat dan peforma yang lebih baik bisa memilih ssd dan untuk harga biasanya ssd lebih mahal dari pada hdd.

Layar

Untuk layar ada berbagai tipe ukuran dari layar yang ukuran 13 inchi sampai 15 inchi atau bisa diatasnya juga, jadi sesuai keinginan dan kenyamanan sendiri, dan disarankan juga membeli layar laptop yang sudah menggunakan panel IPS dan antiglare.

Vga

Untuk laptop sendiri biasanya memakai intel hd, tetapi ada juga memakai vga tambahan untuk menunjang peforma  yang lebih tinggi seperti nvidia atau amd radeon, nah di dalam pemilihan ini, carilah vga atau gpu sesuai kebutuhan , jika untuk editing cari lah gpu yang tinggi seperti nvidia Gtx 10series, atau untuk pemakaian ringan dan editing ringan bisa memaka nvidia mx series atau bisa juga mencoba varian lainya baik itu dari nvidia atau amd radeon.

Keyboard

Di dalam laptop pun kenyamanan untuk mengetik di laptop juga penting, dan juga menyesuaikan selera masing masing, untuk keyboard laptop ada yang memakai backlight , RGB atau tidak, jadi tergantung sesuai selera dan kenyamanan dan selain keyboard juga harus perhatikan.

Konektivitas

Untuk laptop juga harus melihat jumlah konektivitas, seperti jumlah port usb, card reader, hdmi atau vga dan juga odd ( optical disk drive ) supaya dalam penggunaan sehari-hari lebih complete dan tanpa memerlukan alat tambahan lagi.

Baterai

Untuk baterai juga penting, dimana kalau untuk keperluan yang lama, maka carilah laptop dengan kapasitas baterai yang besar dan pengisianya pun juga cepat.

Fitur Yang Tersedia

fitur yang ada pada laptop


Nah fitur-fitur juga penting dalam sebuah laptop , untuk fitur biasanya terdiri dari :

1. Fitur Keamanan

Seperti apakah laptop punya fitur keamanan untuk membuka kunci lewat sidik jari atau pengenalan wajah ( facelock).

2. Tipe Layar

Di layar laptop pun ada 2 jenis baik itu layar tipe biasa dan layar sentuh ,jadi pilihlah sesuai kebutuhan apakah perlu menggunakan layar sentuh atau tidak.

3. Fitur Pendingin

Di laptop terutama laptop gaming biasanya memiliki fitur pendingin yang berfungsi menjaga suhu komponen yang ada di laptop supaya tidak over atau terlalu panas, tetapi ada juga laptop yang tidak memiliki fitur pendingin , untuk alternative bisa memakai cooling laptop.

5. Model Laptop

Di laptop pun punya beberapa model seperti model hybrid yaitu sebuah laptop yang mengambungkan sebuah fungsi laptop dengan table jadi sebuah laptop dapat digunakan untuk tablet sekali gus untuk laptop.

Design

Nah untuk design, dalam pemilihan design tergantung selera pembeli, apakah memilih laptop yang berdesign ringan, berat, tipis atau elegan , jadi tergantung selera pembeli kearah mana design yang iya suka dan minati

3.  Memilih Merek Dan Tempat Jual


Setelah selesai memilih spesifikasi dan tipe laptop yang sesuai kebutuhan, maka selajutnya untuk memilih merek, carilah merek laptop yang memiliki brand terkenal seperti asus, hp, acer, Lenovo,apple dan beberapa brand lainya dan carilah merek laptop yang sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.

untuk tempat jual bisa membeli via offline atau online tergantung kemauan dan ketersediaan, untuk offline cari lah tempat yang memang khusus menjual laptop dan selalu update dan untuk online pilih lah toko official atau toko yang memiliki ranting tinggi.

4.  Customer Service Dan Garansi


Nah ini juga bagian penting, jika membeli laptop pastikan customer service baik itu brand laptop itu sendiri atau tempat yang menjual dapat dihubungi dan memiliki pelayanan yang baik, dan untuk garasi juga cari lah tempat atau brand yang memiliki garansi resmi dan lama,  biasanya rata rata brand laptop memilki garansi antara 2-3 tahun.

Baca Juga :

5.  Kelengkapan


Sebelum membeli laptop pastikan kelengkapan laptop tersebut lengkap baik dari kotak, buku panduan, kartu garansi, nota, aksesories, charger dan lain-lainya , supaya menjadi sebuah kesatuan yang lebih lengkap dan jika ada masalah lebih mudah penangananya seperti claim garansi.

6. Budget


Nah terakhir budget , kenapa budget di letak di terakhir, karena kalau menentukan budget terlebih dahulu terkadang susah, karena beberapa komponen memang mahal , dan jika ingin memiliki spesifikasi laptop yang tinggi dengan budget yang rendah maka pasti tidak bisa kecuali lagi promo atau pun beli laptop bekas, jadi setelah memilih lengkap target mana laptop yang mau dibeli dan apakah budget menyukupi, jika tidak carilah spesifikasi sedikit di bawahnya yang sesuai budget atau menambung supaya nanti bisa membelinya.

Kesimpulan :


Dalam memilih laptop baru memanglah harus sesuai dengan kebutuhan untuk apa laptop itu di gunakan, apakah untuk keperluan yang berat seperti editing dan gaming atau hanya untuk pekerjaan ringan seperti menggunakan office dan browsing, dan juga menetukan spesifikasi yang cocok, apakah sebuah laptop yang memakai SSD atau HDD saja,  memakai processor tipe terbaru atau menggunakan vga tambahan dan juga untuk budget jika cukup carilah toko yang terbaik dan memiliki reputasi yang tinggi dan jika budget tidak cukup bisa memilih laptop seri dibawahnya atau menambung untuk membeli laptop tersebut lain kali.


TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS


tips membeli laptop bekas


Setelah membahas tentang cara memilih laptop baru , maka selanjutnya cara memilih laptop bekas dalam membeli atau memilih laptop pasti adanya keterbatasan dana atau laptop tidak tersedia lagi padahal laptop tersebut merupakan sebuah incaran, maka dari itu saya akan share beberapa tips untuk memilih atau membeli laptop bekas.


1. Pastikan Penjual


Nah pastinya untuk membeli laptop bekas , perlu adanya penjual laptop yang mau menjual laptopnya, banyak sekali penjual baik dari offline atau online yang menjual laptopnya, saran dari saya carilah penjual yang terpecaya atau serius menjual laptopnya dan Tanya Tanya juga tentang spesifikasinya dan minus yang ada di laptopnya.


2. Cek Lama Pemakaian


Setelah menentukan penjual maka selanjutnya cek lama pemakaian , berapa lama laptop tersebut telah digunakan, apakah masih ada garansinya, umumnya sebuah laptop diberi garansi dari 1-3 tahun jadi kalau bisa cari lah laptop yang masih memiliki garansi.

3.  Cek Spesifikasi


Tentu saja memilih laptop bekas juga perlu memilih spesifikasi yang memumpuni atau sesuai dengan kebutuhan, maka dari itu cek spesifikasi dan Tanya Tanya sama penjualnya tentang spesifikasi laptop tersebut, apakah sesuai dengan keinginan atau tidak.


4. Cek Minus


Jangan lupa Tanya Tanya soal minus yang ada di laptop tersebut,  apakah kondisi laptop ada yang rusak baik di layar, speaker, charger, atau baterai , apakah peforma laptop sudah menurun baik dari segi sistem operasi dan hardwarenya seperti hardisk dan konektivitas lainya.

5. Kelengkapan


Nah untuk kelengkapan juga penting, biasanya sebuah laptop bekas ada yang menjual hanya laptop+charger saja, tetapi jika ada kelengkapan lainya itu bisa menjadi nilai + bagi pembeli, terutama jika masa garansi masih berlaku.

6. Harga Dan Penawaran


Setelah setuju akan spesifikasi dari laptop yang dipilih maka selanjutnya menanyakan tentang harga dan penawaran, untuk penawaran sendiri tawarlah laptop sesuai dengan spesifikasi, kelengkapan dan minus yang ada,dan jika harganya hampir sama harga laptop baru maka pilih saja laptop yang baru atau mencoba menawar lagi dan  bisa juga di lihat dari harga pasaran tetapi tawarlah dengan bijak juga.


7. Cod Bersama Teman Atau Bersama Dengan Orang Dikenal


Setelah di rasa harga ok, maka aturlah tempat ketemuan atau cod, untuk disini saya sarankan ajak seseorang baik teman atau saudara, dan sebelum membayar cobalah cek spesifikasi, minus, kelengkapan apakah sesuai yang sudah dibicarakan.

Sekian dari artikel saya tentang tips membeli dan memilih laptop baru dan bekas, semoga dengan artikel ini para pembeli bisa memilih laptop sesuai yang dia inginkan dan mendapatkan jawaban yang ia tanyakan, dan juga semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar