Skip to main content

pengertian sejarah dan kegunaan aplikasi packet tracer


Pengertian Packet Tracer 



Menurut Wikipedia :

Packet Tracer merupakan simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pelatihan dan pembelajaran, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer ”

Jadi yang dapat disimpulkan adalah :

Packet tracer merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai simulator membangun sebuah jaringan komputer dan biasanya digunakan untuk media pembelajaran membuat konsep sebuah topologi jaringan untuk menghubungkan beberapa komputer yang akan saling dihubungkan.

Packet tracer biasanya digunakan oleh siswa teknik komputer jaringan dan lainya yang dimana siswa belajar membuat jaringan dengan simulasi seperti setting ip address, membuat topologi, membuat server dan client terhubung dan lainya yang menyangkut jaringan dan memahami prinsip dari sebuah jaringan.

Sejarah Packet Tracer



Packet tracer merupakan racangan dari perusahaan cisco system yang dimana digunakan untuk membuat simulator membangun sebuah jaringan komputer yang membantu mengenali tentang konsep topologi jaringan dan konfigurasi jaringan ,cisco merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh dua orang eksekutif staf yang bernama leonard bosack dan sandy k. Lerner, cisco atau cisco systems memiliki bisnis utama yang bergerak dalam bidang teknologi yang meliputi perangkat networking yaitu seperti router, hub , bridge, dan switch.

Pada tahun 1980-1981 Cisco System terinspirasi dari sebuah komputer Alto dan Ethernet Card yang diberikan kepada Universitas Stanford oleh Xerox PARC (Palo Alto Research), pada mulanya para staf standford melakukan riset hanya untuk tujuan ilmiah dan pendidikan kemudian kedua staf stanford yaitu leonard Bosack dan Sandy k. lerner menginvestasikan dana pribadi mereka untuk mengembangkan multi-protokol router yang "ditanamkan" dalam perangkat berbentuk "seperti komputer" yang diberi label Cisco, ide mereka yaitu membuat bluebox yang di lengkapi kipas pendingin yang dapat bekerja dengan hanya menancapkan kabel, karena pada zaman itu merupakan zaman berkembangnya internet perangkat cisco cepat terjual terutama kepada banyak perusahaan dan lembaga pendidikan.


Cisco system juga memiliki sisi yang kelam yaitu dimana terjadinya perang antara stanford dan cisco system yang hampir membuat jatuh perusahaan cisco system dikarenakan pada saat mulainya bisnis perusahaan cisco ternyata teknologi yang digunakan oleh cisco system merupakan hasil karya beberapa staf Stanford. Sebagian staf Stanford yang mengembangkan multi-protokol router telah pindah ke Cisco dan menyumbangkan hasil karyanya kepada perusahaan Cisco, oleh karena itu para staf stanford yang mengetahuinya memberikan tuntutan kepada pengacara Stanford atas kewajiban membayar royalti yang cukup besar dan memberikan hak bagi Stanford untuk tetap dapat menggunakan software hasil pengembangan para staf Stanford yang telah menjadi karyawan Cisco.

Fungsi Dan Kegunaan Packet Tracer


Packet tracer berfungsi untuk merancang sistem topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia nyata atau untuk gambaran bagaimana bentuk dan susunan sebuah topologi jaringan tetapi karena masih memiliki batasan dalam fungsi dan fiturnya , packet tracer hanya digunakan untuk metode pembelajaran saja atau alat bantu belajar.

packet tracer beguna untuk pembelajaran bagi siswa bagaimana bentuk sebuah jaringan ,merancang topologi jaringan, cara membuat sebuah sistem jaringan , mengurangi biaya pengunaan alat, dan melatih agar lebih mudah memahami konsep terbentuknya suatu jaringan.

Sekian dulu artikel ini , mungkin nanti akan ada update lainnya ,jangan lupa subscribe/langganan supaya dapat artikel terbaru lainya ya :)
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar