Skip to main content

Cara kerja IDM

gambar idm
Hy semuanya, saya hari ini mau membahas kenapa IDM bisa mempercepat aktifitas download kalian

Menurut artikel yang saya baca idm adalah software yang berfungsi mengolah sebuah data yang mengambil dari server atau request ke server yang berisi data file download tersebut dan cara kerja idm adalah membagi data dari beberapa data yang mau di download atau bisa dibilang idm cara downloadnya membagi data menjadi beberapa request.
Misalkan saya mau mendownload data sebuah file sebesar 10000 byte

Nah si idm ini merequest data dengan cara membagi data tersebut ke dalam 10 bagian Dengan cara merequest data dengan awal byte yang berbeda

Contohnya :

Request pertama berupa data yang berjumlah 0 byte yang didownload dari 0 hingga 999 byte dan request kedua berjumlah 1000 byte yang didownload dari 0 sampai 1999 byte, dan request ketiga byte awal berjumlah 2000 yang di download dari 0-2999, dan sampai request ke 10 yang byte awal 9000 yang didownload dari 0 sampai 10000 , nah setelah selesai si idm ini kembali mengambungkan beberapa file yang sudah didownload menjadi file yang utuh.

Baca Juga : Macam macam topologi jaringan dan pengertiannya

Nah kenapa bisa begitu, normalnya saat kita mendownload sebuah data dari server, kita merequest sebuah data dan mengambilnya lalu server memberi sebuah sebuah bandwidth pada koneksi kita lalu semakin banyak file juga semakin lama proses download dan juga keterbatasaan bandwidth pada satu koneksi, nah disini lah idm bekerja idm membuat sebuah request dengan membagi beberapa data yang didownloadnya, sehingga jumlah data yang didownload menjadi sedikit, dan server menentukan bandwith ke masing masing koneksi yang berbeda byte tersebut.

Alasan kenapa harus menggunakan IDM


1. IDM bisa mempercepat proses download

nah seperti yang dijelaskan diatas tadi, idm ini mempercepat proses download jadi kalian gk perlu nunggu lama jika mendowload pake idm, yah tergantung juga sih kecepatan internet dan berat filenya juga walau begitu idm paling tidak mempercepat 30 persen-50 persen

2. Menggunakan IDM lebih mudah proses downloadnya

di idm sendiri memiliki fitur atau tools auto download yang hanya 1 kali klik bisa terdownload , kalian bisa download file yang mau kalian download tetapi untuk itu kalian harus tambah extensi idm itu di browser masing masing

3. Idm bisa mempause dan melimit download

nah ini dia yang ditunggu idm ini memiliki fitur yang seru , ia bisa mempause proses download, nah misalkan kalian download dirumah tetapi paket internet kalian habis kalian bisa mempause proses downloadnya dan pergi ke cafe atau pinjem wifi tetangga untuk melanjutkan proses download dan juga idm bisa mengatur kecepatan limit jaringan, jadi jaringan lebih stabil dan bisa bagus untuk jaringan yang lagi menurun. ( disarankan jangan sampe lebih dari 1 hari pause karena terkadang muncul error kalau dilanjutkan)

4. Memiliki tampilan yang fresh

idm juga dikenal dengan tampilan yang fresh dan mudah digunakan , menu-menu yang di idm pun simple dan mudah terlihat jadi untuk menggunakan idm juga cukup mudah, seperti jika ingin mendownload file bisa lewat add url ( yang nanti url download dicopy dan di add lalu akan muncul pop up download ), menghentikan atau melanjutkan download, melihat file, membuat schedule dan beberapa menu lainya.

5. Lebih banyak fitur dari browser bawaan

yap seperti alasan di atas , salah satu alasan menggunakan idm adalah idm memiliki banyak fitur-fitur lainya misalkan schedule download, mengatur speed limiter, automatic download dll, dan juga fitur tambahan jika misalkan koneksi terputus idm bisa melanjutkan proses downloadnya nah jadi tidak perlu ulang deh.

Cara Menggunakan IDM


Nah menggunakan idm cukup mudah loh

pertama kalian install idm terlebih dahulu, lalu jika kalian mau auto dowloading kalian harus pasang add-ons idm ke browser kalian.

Jika mozila biasanya pilih menu garis garis di samping kanan atas browser mozila lalu pilih add ons lalu pastikan idm extension sudah enable.

jika chrome biasanya pilih menu garis garis di samping kanan atas browser chrome lalu pilih more tools lalu pilih extension lalu pastikan sudah enable.

nah untuk proses download jika sudah diaktfikan biasanya kalau kalian klik tombol di url download kalian otomatis muncul pop up idm suruh download, atau jika belum enable , kalian bisa copy link tujuan download dan buka idm lalu pastekan di add url.

link sumber refrensi ==> Link

Baca Juga :
Tips dari saya :
kalau mau mendowload file berukuran diatas 3 GB mending satu satu aja downloadnya, takutnya saat proses pengabungan malah error dan ini saya sering terjadi saat saya mendownload file berukuran diatas 3 Gb dan tips lainya menurut saya jika mendownload via google drive lebih cepat dari lainya
Comment Policy: Silahkan tulis komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan di halaman ini dengan sopan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh admin.
Buka Komentar
Tutup Komentar